#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Beberapa Manfaat Jerami Padi yang Harus Diketahui Penyuluh

DIOLUHTAN. Jerami, salah satu limbah pertanian yang tak banyak dimanfaatkan sebagian besar petani. Bahkan sebagian mereka produk ini dianggap sampah yang harus disingkirkan dari lahan pertanian dengan cara dibakar atau dibuang ke sungai tanpa memikirkan dampak bagi lingkungan, sedemikian rendah pengetahuan petani kita tentang pemanfaatan limbah pertanian untuk meningkatkan perekonomian dan kesuburan tanah. Dioluhtan mencoba menggali potensi yang tidak dimanfaatkan dari limbah jerami ini.
Jika mampu mengolahnya, jerami adalah produk sampingan yang menjanjikan sebagai penambah penghasilan selain dari hasil bumi berupa padi untuk bahan makanan pokok baik manusia dan binatang ternak.
Manfaat Jerami Sebagai Pakan Ternak
Jerami memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan ternak sebagai asupan untuk mencukupi bahan pakan musiman, akan tetapi dengan pengolahan yang benar akan meningkatkan kadar gizi semisal difermentasi menggunakan ragi jerami lebih tinggi dibanding diberikan dalam keadaan segar atau kering selain itu juga lebih awet.
Litter Atau Alas Kandang Ternak Dengan Jerami
Jerami sangat baik sebagai alas kandang ternak terutama itik dan entok untuk mencegah lantai kandang kotor dan basah sehingga mengundang berbagai bibit penyakit.
Manfaat Jerami sebagai Pupuk
Penggunaan jerami sebagai bahan pupuk memang jarang yang menggunakan, biasanya jerami hanya dibiarkan hingga membusuk dalam tumpukan dipinggir sawah, setelah busuk baru dilemparkan kembali ke lahan. Banyak cara mengolah jerami sebagai pupuk organik yang memiliki kandungan nitrogen tinggi pengganti urea dan pupuk berunsur KCL dan N lainnya.
Sebagai Mulsa Jerami dan Manfaatnya
Penggunaa jerami sebagai mulsa jarang dilakukan petani, mereka memilih menggunakan mulsa plastik hitam perak dengan alasan lebih simpel dan rapi. Padahal penggunaan mulsa jerami memiliki beberapa keuntungan yaitu; bisa menghemat anggaran pemeliharaan karena rumput tidak tumbuh tertutup jerami, membuat tanah tetap gembur karena jerami menyimpan air dan melindungi penguapan, serta menjadi pupuk alami.
Media Jamur Dari Jerami
Dalam industri jamur, jerami memiliki peranan penting sebagai media tumbuh terutama jenis jamur merang seperti champignon, jamur kancing, dan portabella.
Membuat Kerajinan Dari Batang Padi/Jerami
Kerajinan berbahan jerami akan memberikan nilai tambah bagi petani ketika menunggu saat tanam atau panen dengan memanfaatkan jerami atau batang padi sebagai bahan kerajinan anyaman membuat berbagai bentuk yang layak jual. Berbagai produk bisa dibuat menggunakan jerami padi mulai dari atap dan dinding rumah, dan beberapa mainan anak dari batang padi.
Jerami Sebagai Bahan Kosmetik
Shampoo merang, siapa tak mengenalnya. Shampoo berbahan merang atau batang padi ini cukup populer dikalangan masyarakat kita karena berfungsi menghitamkan rambut dan memberi nutrisi pada akar rambut. Penggunaan secara langsung bisa dengan menaburkan arang jerami atau merang dikepala dan bilas hingga bersih.
Jerami sebagai Bahan Baku Minuman Tradisional
Minuman khas dari daerah Purworejo berbahan jerami padi sebagai pewarna hitam memberikan ciri khas minuman tradisional dawet hitam manis berbahan gula kelapa, beras ketan, dan arang jerami.

Disarikan dari Berbagai Sumber 
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment