#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Pakan untuk Fase Rearing (Ayam Muda)

DIOLUHTAN. Setelah mencapai umur sembilan minggu, sebaiknya anak ayam dipindahkan ke kandang rearing sampai menjadi ayam dara, yakni kira-kira umur 18—20 minggu. Pada fase ini ayam tidak terlalu menuntut kualitas pakan yang baik seperti fase starter karena gizi yang masuk tidak banyak digunakan untuk tumbuh, sedangkan berproduksi pun belum dimulai.

Inilah Pakan Yang Tepat untuk Fase Rearing (Ayam Muda)
Walaupun demikian, untuk ayam buras yang dijual sebagai ayam potong dan dijual pada umur empat bulan, pakannya harus mengandung energi yang tinggi yaitu 2.600 kkal/kg serta berprotein tinggi, yakni 14,8%. Pada fase ayam muda, ayam yang dipelihara secara semiintensif masih dapat mencari makan sendiri saat diumbar. Serangga, dedaunan, biji-bijian, sisa-sisa dapur, dan lain-lain dapat menambah nilai gizinya. Namun, pakan yang diberikan masih merupakan makanan utamanya.
Menurut konsumen yang fanatik dengan ayam kampung, misalnya rumah makan yang mengkhususkan diri pada pengolahan ayam kampung atau konsumen yang berpengalaman, rasa daging ayam kampung yang dipelihara secara intensif dengan pakan yang diberikan secara penuh, cenderung lebih amis. Namun, ayam yang diberi pakan dan masih diumbar atau mencari makanan sendiri rasa daging ayamnya lebih nikmat dan gurih serta tidak amis. Beternak ayam kampung dengan tujuan untuk memasok konsumen seperti itu tentu saja akan tetap mempertahankan kebiasaan ayam yang mencari makan saat diumbar sambil tetap memberikan pakan.
Sumber: Buku Pakan Ayam Kampung
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment