#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Gubernur Sulsel dan Bupati Bone, Puji Penyuluh

DIOLUHTAN-Bone.Sulsel. Panen Raya Padi di Desa Corawali, Kec. Barebbo, berlangsung sukses. Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo yang didampingi Ketua DPRD Sulsel, M. Roem beserta rombongan disambut oleh Bupati Bone, Andi Fahsar M Padjalangi bersama Wakil Bupati Bone dan segenap Muspida. Acara dimulai dengan Panen Perdana bersama.
Gubernur Sulsel (kedua dari kanan) bersama Ketua DPRD Sulsel, Bupati Bone (paling kanan) dan Ketua KTNA Sulsel

Dalam sambutannya, Bupati Bone, H. A. Fahsar M. Padjalangi mengatakan, saat provinsi lain di Indonesia mengalami kekeringan yang berdampak pada turunnya produksi hasil pertanian (padi), provinsi Sulsel malah mengadakan panen raya (Kamis, 13/08/2015).
Kata beliau, apa yang dihasilkan ini hanyalah hasil dari langkah-langkah yang dilakukan sesuai dengan petunjuk dan arahan dari bapak Gubernur yang selalu disampaikan pada setiap kesempatan. “Terutama yang berkaitan dengan program Swasembada Pangan yang dikaitkan dengan program pemerintah secara nasional” ucapnya.
Pemkab Bone juga terus berusaha untuk melakukan perubahan sikap dan pola pikir petani di Kabupaten Bone. “Sangat berat, tapi berkat kerjasama dengan berbagai pihak, semua program bisa berjalan. Yang tadinya lebih 90 persen petani menanam dengan pola hambur langsung, saat ini hanya tinggal 2 persen. Alhamdulillah, ini adalah kerja keras semua pihak utamanya para penyuluh” sebutnya.
Lanjut beliau, Insya Allah target Sulsel untuk swasembada pangan 3 juta ton, Kab. Bone akan mensupport 500 ribu ton dengan pertimbangan rata-rata 8 ton per hektar. “Saya kira ini tidak terlalu berat bagi kami, malah per hektarnya ada yang sampai 11 ton di daerah-daerah tertentu,” terangnya.
Sementara itu, Syahrul Y. Limpo, juga salut terhadap para penyuluh, beliau mengatakan Bapak Bupati Bone dibantu dengan pihak terkait termasuk para penyuluh telah membuktikan, kalau Bone betul-betul menjadi pilar Sulsel. “Bayangkan, yang lalu hanya 4 ton dengan sistem hambur, sekarang dengan sistem legowo yang dibimbing oleh penyuluh dan lainnya, hasilnya bisa menjadi 8.9 ton,” katanya.

Pada acara tersebut, Gubernur juga memberikan bantuan kepada para petani di Kabupaten Bone dalam bentuk pembagian traktor sejumlah 195 unit dan pompa 134 unit. 

Penyuluh “Setia” hingga Akhir Acara Panen Raya

Panen Raya Padi yang dihadiri oleh Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo yang didampingi Ketua DPRD Sulsel, M. Roem beserta rombongan. Juga dihadiri oleh para penyuluh pertanian se-Kabupaten Bone.
Dari pantauan Tribun Bone, para penyuluh tetap setia menunggu kedatangan bapak Gubernur Sulsel dan juga tetap setia mengikuti acara panen raya di desa Corawali, Kec. Barebbo sampai selesai yaitu pada pukul 19.10 WITA.
“Kami start perjalanan dari palattae, Kec. Kahu jam 1 siang dan langsung menuju Barebbo, lalu kami menunggu Bapak Gubernur sampai jam 5, setelah itu acara selesai pukul 19.00 lewat, kami tetap semangat seperti semangat petani yang merubah pola tanamnya menjadi tanam legowo seperti yang dipanen sekarang oleh gubernur” ujar Andi Elya, SPt, penyuluh asal Kec. Patimpeng.
Kamaruddin, SP yang juga kepala Balai Penyuluhan Kecamatan (BPK) Kahu juga mengungkapkan hal yang sama dan tetap mengikuti acara ini sampai selesai. Kamaruddin berharap kesuksesan petani ini diikuti oleh petani-petani lainnya. “Apalagi bapak Gubernur dan Bupati tidak melupakan kerja keras penyuluh, beliau memuji para penyuluh atas perubahan sikap dan pola pikir petani dalam hal perubahan pola tanam” ucapnya.

Dalam acara tersebut, Gubernur Syahrul Yasin Limpo dan Bupati Bone, A. Fahsar Padjalangi dalam sambutannya mengucapkan apresiasi khususnya kepada para penyuluh atas kinerja selama ini dalam menyukseskan program pemerintah yaitu swasembada pangan.
(Yoush A. Yahya )
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment