#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Penyuluh Galakkan Budidaya Cabe di Pekarangan Rumah

Patimpeng. Penyuluh Pertanian Kec. Bontocani (Y. A. Yahya, SPt, MSi) melaksanakan programa penyuluhan pertanian mengenai peningkatan pengetahuan, keterampilan dan sikap petani mengenai budidaya cabe dengan memanfaatkan pekarangan rumah sebagai demplot budidaya tanaman hortikultura, yang bertujuan memberikan contoh pada petani dalam meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan sikap terhadap budidaya ini.
Y.A. Yahya mengatakan, tanaman cabe merupakan tanaman yang potensial untuk dikembangkan di daerah ini sehingga kami terus mendorong warga melaui demplot ini untuk mengembangkan tanaman yang bernilai ekonomi yang cukup tinggi. 
“Untuk membantu meningkatkan produksi, kami penyuluh senantiasa melakukan pendampingan. Menurutnya, adanya cabe rawit yang ditanam di perkarangan rumah tidak sekedar mengisi kekosongan lahan, melainkan cabe rawit bisa memberikan kontribusi terhadap ketahanan pangan terutama memenuhi kebutuhan rumah tangga masyarakat, sehingga anggaran belanja rumah tangga bisa terhemat” ujarnya
Lanjut beliau mengatakan, dengan membudidayakan tanaman ini secara baik dan benar dipastikan akan dapat meningkatkan perekonomian petani. Saat ini cabai sangat laris di pasaran karena memiliki potensi harga jual yang menjanjikan. “budidaya cabai ini juga menguntungkan dibanding tanaman lain. Selain itu, dengan meningkatnya tanaman horti ini diharapkan nantinya diperoleh produksi yang dapat mencukupi kebutuhan di pasar-pasar tradisional serta meningkatkan kesejahteraan petani di Kab. Bone" tandasnya
Demplot tanaman cabe dilaksanakan dalam pekarangan rumah penyuluh yang terletak di dusun Baruttung, Desa Masago, Kec. Patimpeng dan sudah ada ratusan tanaman cabe, selain itu beragam tanaman horti juga ada di pekarangan ini.
(Yusran A. Yahya)


Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment