#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Masih Punya Sisa Daging Kambing/Sapi, Simpan dengan Metode Ini

DIOLUHTAN. Saat Idul Adha biasanya persediaan daging kambing dan sapi sedang banyak. Daging-daging ini pun tidak semua langsung diolah. Sebagian kerap kali disimpan untuk penggunaan di lain waktu. Agar kualitas daging tetap terjaga, perlu penyimpanan tepat. 
Inilah beberapa cara menyimpan daging sapi atau kambing, baik dalam freezer atau chiller.
1. Cuci bersih dan potong
Cuci daging di bawah air mengalir hingga bersih dan tak ada kotoran, lau tiriskan. Usahakan mencuci daging di tempat terpisah dari peralatan masak, makan atau bahan makanan lain. Ini dapat mencegah terjadinya kontaminasi silang. Kemudian potong-potong sesuai kebutuhan.
2. Simpan dalam plastik
Setelah dicuci dan dipotong, bungkus daging dalam plastik atau wadah bertutup dan simpan dalam chiller. Daging bisa disimpan disana sampai 3 hari. Jika ingin dimasukkan freezer, beri label tanggal penyimpanan. Dalam freezerdaging bisa tahan 4 sampai 6 bulan.
3. Suhu dan penempatan dalam freezer
Pastikan suhu freezer tetap sesuai untuk penyimpanan daging agar kualitasnya tetap baik. Hindari terlalu sering membuka tutup freezer agar suhunya tetap stabil. Pisahkan juga tempat menaruh daging mentah dan masak. Sebaiknya taruh daging di bagian paling bawah atau paling belakang kulkas agar tidak bersentuhan atau cairannya mengenai bahan makanan lain.
4. Melumerkan daging beku
Setelah dikeluarkan dari freezer, daging sapi beku perlu waktu cukup lama untuk melumerkannya. Letakkan daging di chiller, microwave atau merendamnya dalam air bersama bungkus atau wadahnya. Sebaiknya daging yang sudah dilumerkan tidak disimpan dalam freezer lagi karena kualitasnya menurun.
Semoga bermanfaat...!!
Dihimpun dari http://food.detik.com
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment