Tidak ada yang lebih penting dalam pergaulan umat manusia di dunia ini selain komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan suatu pikiran, gagasan atau ide, atau pesan dari seseorang kepada orang lain. Kita berkewajiban untuk mengupayakan segala cara untuk menggunakan semua alat yang ada agar penyuluhan menjadi efektif. media penyuluhan ini adalah salahsatu media visual yang memaparkan penyuluhan pada komoditi bidang pertanian, perikanan dan kehutanan.

Mantaapp... 5 (lima) efek Madu untuk kesehatan manusia.

Madu merupakan bahan makanan yang akrab di telinga kita. Pemanis alami ini termasuk makanan yang tinggi karbohidrat seperti fruktosa, glukosa dan oligosakarida lainnya. Meskipun demikian di dalamnya juga terdapat protein, mineral, vitamin, enzim dan antioksidan yang melimpah. Madu alami telah diteliti ternyata dapat memberikan efek kesehatan yang baik bagi manusia. 
Beberapa manfaatnya adalah sebagai berikut :
1. Meredakan batuk pada infeksi saluran pernapasan
Anda atau anak Anda terus menerus batuk hingga sulit tidur ? Madu telah diteliti ternyata dapat membantu meringankan gejala batuk pada anak dan dewasa sehingga lebih dapat tidur pada malam hari. Namun, bayi di bawah 1 tahun tidak boleh diberikan madu karena terdapat risiko terjadinya gangguan kesehatan karena toksin botulinum yang mungkin terdapat dalam madu.
2. Menurunkan kadar lemak dalam darah
Penelitian yang dilakukan oleh Islamic Establishment for Education di Dubai menunjukkan bahwa konsumsi madu alami dapat menurunkan kadar lemak dalam darah. Setelah konsumsi 75gr madu alami dalam 250mL air selama 15 hari ditemukan bahwa kadar kolesterol total, kolesterol jahat dan trigliserida menurun. Kenaikan kadar gula dalam darah juga tidak setinggi bila mengkonsumsi gula biasa dan tidak menyebabkan kenaikan berat badan jika dibandingkan dengan konsumsi gula biasa.
3. Meningkatkan imunitas tubuh
Madu alami telah diteliti dapat meningkatkan imunitas tubuh dengan meningkatkan produksi antibodi di dalam tubuh.
4. Meredakan luka iritasi ringan
Anda mengalami luka tersengat sinar matahari, atau lecet karena terjatuh? Madu dapat membantu penyembuhan luka Anda. Madu untuk mengobati luka telah digunakan sejak 2000 SM di Mesir. Setelah membersihkan luka Anda dengan baik, mencucinya dengan sabun maka Anda juga dapat mengoleskan madu alami ke bagian yang terluka. Disebutkan bahwa madu memiliki aktivitas antibakteri, anti peradangan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk membantu proses penyembuhan luka.
5. Meredakan peradangan kulit
Efektivitas madu sebagai anti peradangan telah diteliti pada bayi-bayi yang mengalami ruam popok. Bayi-bayi yang mengalami ruam popok ditemukan mengalami perbaikan gejala setelah dioleskan obat oles yang mengandung madu, minyak zaitun dan beeswax selama 7 hari. Baru-baru ini, efek antiperadangan dari madu juga tengah dilirik untuk meredakan rasa gatal dan peradangan karena gigitan serangga seperti nyamuk.

Masih banyak lagi manfaat madu bagi kesehatan yang tengah diteliti seperti potensi madu dalam pencegahan kanker. Di masa depan, mungkin akan banyak lagi manfaat madu yang terungkap. Berdasarkan penelitian, manfaat madu bagi kesehatan dapat terlihat jika mengkonsumsi madu dengan jumlah yang cukup besar yaitu di antara 50-80 gram sehari. Konsumsilah madu alami dan dalam jumlah yang tepat serta secukupnya untuk manfaat kesehatan yang baik.
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment