#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Organ Hewan bisa Ditransplantasi ke Manusia

Sebuah penelitian memungkinkan ahli bedah menggunakan organ hewan pada manusia. Benarkah organ hewan berupa hati, ginjal dan paru-paru dapat ditranspalantasi ke tubuh manusia?
Seperti dilansir Dailymail, penelitian bermula ketika transplantasi hati babi ke baboon berhasil dilakukan. Hati babi dapat bertahan di tubuh baboon lebih dari 500 hari. Temuan ini dilaporkan dalam pertemuan di American Association for Thoracic Surgery di Toronto dan dipublikasikan dalam jurnal medis.
Kepala transplantasi di National Institutes of National Heart Health Muhammad Mohiuddin mengatakan, transplantasi organ hewan dapat digunakan ke tubuh manusia sepenuhnya atau menyediakan pengganti sementara sampai organ manusia tersedia.

"Jika kita transplantasi menggunakan donor bukan manusia, k
ita bisa menghemat sebagian besar kehidupan yang berharga," katanya

Transplantasi organ dari hewan itu dikenal dengan xenotransplantation. Sayangnya, penolakan jaringan oleh sistem kekebalan tubuh si penerima tetap menjadi rintangan utama suksesnya sebuah transplantasi. Untuk mengatasinya, Mohiuddin dan rekan-rekan menggunakan jantung babi yang sudah direkayasa secara genetik dengan menghapus gen yang bisa menyebabkan penolakan jaringan pada manusia serta menggantinya dengan gen manusia yang tak akan menyebabkan reaksi. Babi dipilih karena anatominya mirip dengan manusia.(Dailymail)
Sumber : metronews.com
Previous
Next Post »
Post a comment
Thanks for your comment