#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Sarabba, Minuman Penghalau Dingin Khas Sulawesi Selatan



Sulawesi Selatan bukan hanya kaya jenis makanan, namun juga memiliki minuman khas yakni Sarabba. Minuman ini sangatlah cocok dikonsumsi disaat cuaca dingin seperti sekarang ini, karena memiliki bahan utama dari jahe.
Masyarkat Sulsel sudah mengkonsumsi minuman ini sejak lama, dengan tujuan mengembalikan stamina yang loyo dan untuk menjaga ketahanan tubuh dari berbagai penyakit seperti flu yang rawan diderita saat musim hujan. Sebagian besar mengkonsumsinya sebagai pemulih stamina karena kuning telur dipercaya sebagai pemulih stamina (jamu), penawar letih setelah seharian beraktivitas dan untuk menghangatkan badan.
Sarabba adalah minuman khas yang terbuat dari campuran jahe, kuning telur, gula aren dan santan. Minuman ini cocok menghangatkan badan, mengeluarkan angin dari tubuh saat masuk angin, atau yang doyan begadang nonton bola, apalagi ditemani dengan penganan ubi goreng atau pisang goreng.
Untuk menikmatinya sangatlah mudah, pasalnya hampir di semua daerah di Sulsel ada tempat yang menyediakan minuman penghangat tubuh ini. Bahkan di saat ini, sarabba juga telah tersedia dalam kemasan bubuk instan maupun botolan. Kreativitas ini tentu saja akan lebih memudahkan anda dalam penyajiannya untuk dinikmati.
Anda penasaran bagaimana cara membuatnya, berikut resepnya.
Terlebih dahulu masukkan air kurang lebih 5 gelas ke dalam panci, tambahkan 300 gram jahe yang telah dihancurkan kasar agar sari kandungannya keluar, tambahkan lagi gula aren atau bisa juga gula merah sebanyak 300 gram, tunggu sampai mendidih.
Jika sudah mendidih, saring kemudian tambahkan santan kelapa 150 mili liter (3/4 gelas). Masak kembali dengan api kecil agar santannya tidak pecah.
Saat mendidih segera masukkan satu butir kuning telur, bisa telur ayam ataupun telur bebek, sesuai selera anda.
Nah… sekarang tuang dalam gelas yang telah anda sediakan dan sarabba siap dinikmati. Minumlah selagi hangat apalagi di saat hujan sedang deras-derasnya mengguyur atap. Lebih komplit jika ditemani dengan pisang goreng/rebus atau ubi goreng/rebus, nikmat kan. Selamat menikmati minuman khas Sulsel.
Sumber : Kabar Makassar
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment