Tidak ada yang lebih penting dalam pergaulan umat manusia di dunia ini selain komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan suatu pikiran, gagasan atau ide, atau pesan dari seseorang kepada orang lain. Kita berkewajiban untuk mengupayakan segala cara untuk menggunakan semua alat yang ada agar penyuluhan menjadi efektif. media penyuluhan ini adalah salahsatu media visual yang memaparkan penyuluhan pada komoditi bidang pertanian, perikanan dan kehutanan.

Mahasiswa Peternakan Se-Indonesia telah Gelar Pertemuan di Makassar

Pengurus Besar Ikatanan Senat Mahasiswa Peternakan Indonesia (PB ISMAPETI), Senat Mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin (SEMA FAPET UNHAS) Makassar, dan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Peternakan Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin akan mengadakan Rapat Kerja Nasional XII ISMAPETI di Makassar, Sulawesi Selatan.ISMAPETI dengan segala kontribusi dan sepak terjangnya selama hampir 3 dekade lamanya sejak tahun 1983 sampai 2013, setidaknya memberikan warna baru dalam kemajuan sektoral peternakan. Lembaga mahasiswa peternakan terbesar ini merasa perli untuk memikirkan alur ke depan, bagaimana semua elemen strategis bangsa, baik pemerintah, akademisi, pengusaha, dan mahasiswa) saling bahu membahu membangun peternakan -agar lebih maju dalam rangka menyukseskan Program percepatan Swasembada daging Sapi 2014.


Tema Kegiatan di Makassar tersebut yakni “Songsong 3 Dekade ISMAPETI Membangun Peternakan Negeri”. Rakernas dilaksanakan pada tanggal 28 Maret – 2 April 2013, dan bertempat di Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin dan Jurusan Peternakan Univ. Islam Negeri (UIN) Alauddin, Makassar.
Tujuan dari kegiatan tersebut adalah membentuk dan menetapkan program kerja nasional ISMAPETI yang baru, membentuk dan menetapkan tata gerak organisasi yang sinergi, menjalin silaturahim antar anggota ISMAPETI, menjalin kebersamaan antar mahasiswa peternakan seluruh Indonesia, meningkatkan peran serta ISMAPETI dalam memajukan peternakan Indonesia, meningkatkan wawasan dan ilmu tentang bidang peternakan, dan meningkatkan wawasan mengenai kearifan lokal bidang peternakan di tiap wilayah di Indonesia.

Target dari kegiatan tahunan tersebut adalah terbentuknya program kerja nasional ISMAPETI yang baru, terbentuknya tata gerak organisasi yang sinergi, terjalinnya silaturahim antar anggota ISMAPETI, terjalinnya kebersamaan dan hubungan sinergis antar mahasiswa peternakan seluruh Indonesia, peran ISMAPETI dalam memajukan peternakan di Indonesia semakin tampak terciptanya mahasiswa peternakan yang utuh dalam hal Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Adapun item kegitan RAKERNAS ISMAPETI ini yaitu Seminar Nasional, Rakernas XII, dan Field Trip. Seminar dilaksanakan pada 30 Maret 2013 dan bertempat di Auditorium Prof. Amiruddin Universitas Hasanuddin. Seminar mengangkat Tema “Reposisi Paradigma; Impor Daging, & Peternakan Rakyat Menuju Indonesia Swasembada Daging” dan mengundang peran pemerintah, akademisi, politisi, dan praktisi sebagai pembicara utama.

Pembicara I dalam seminar tersebut dari kalangan birokrat yakni : Direktur Perbibitan Direktorat Jenderal Peternakan, Pembicara II dari legislatif/politisi/tokoh : anggota DPR RI. Pembicara III dari pihak praktisi peternakan. Pembicara IV: dari pihak Akademisi.

Untuk kegiatan Rapat Kerja Nasional XII ISMAPETI, diselenggarakan pada 31 Maret 2013. Kegiatan ini bertujuan dalam merumuskan dan menetapkan program kerja, menentukan arah gerak ISMAPETI, menetapkan institusi penyelenggara, serta penetapan alur komunikasi serta manajemen organisasi. RAKERNAS merupakan forum tertinggi PB yang dihadiri oleh badan kelengkapan ISMAPETI.

Kegiatan berikutnya adalah field trip. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 01 April 2013, dilaksanakan di salah satu Pantai terindah di Sulawesi Selatan yaitu Taman Nasional Bantimurung, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Dari Bantimurung, acara dilanjutkan dengan menikmati Panorama Pantai Losari, sambil merasakan hembusan angin pantai di kota Daeng, untuk kemudian mencicipi jajanan khas Makassar seperti Coto, Sop Sodara, Konro, Palubutung, dan lain-lain.

Sasaran dari kegiatan yang digelar tiap tahun ini adalah Mahasiswa peternakan ISMAPETI, akademisi, alumni ISMAPETI, LSM Peternakan, asosiasi peternakan, pemerintah, dan masyarakat umum.

Untuk info lebih lanjut tentang acara ISMAPETI di Makassar ini, dapat menghubungi ke sekretariat panitia di Senat Mahasiswa Fakultas Peternakan Unhas Jl. Perintis Kemerdekaan KM.10 Makassar, Sulawesi Selatan Email : rakernas12ismapeti@gmail.com Twitter : @3dekadeismapeti. Facebook : Rakernas Xii Ismapeti.
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment