Tidak ada yang lebih penting dalam pergaulan umat manusia di dunia ini selain komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan suatu pikiran, gagasan atau ide, atau pesan dari seseorang kepada orang lain. Kita berkewajiban untuk mengupayakan segala cara untuk menggunakan semua alat yang ada agar penyuluhan menjadi efektif. media penyuluhan ini adalah salahsatu media visual yang memaparkan penyuluhan pada komoditi bidang pertanian, perikanan dan kehutanan.

Daun Pepaya juga bermanfaat bagi Kesehatan



Semua Bagian dari pepaya ternyata memiliki manfaat dan berkasiat mengobati beberapa penyakit, dari akar batang daun pepaya hingga buahnya. Di bawah ini Diorama Penyuluhan Pertanian akan menyampaikan beberapa bagian saja manfaat daun pepaya.

Ini Manfaatnya :

  1. Manfaat Daun Pepaya membantu melancarkan ASI. ambil 3 lembar daun muda, ramaslah daunnya letakkan diatas api sampai layu, dalam kondisi hangat akan tempelkan di sekitar payudara. Bagian putingnya jangan.
  2. Manfaat Daun Pepaya Sebagai Obat Jerawat. Bagi yang tidak pede memiliki wajah berjerawat. Terutama wanita yang selalu ingin tampil cantik, dapat mengobatinya yaitu dengan membuatnya menjadi masker. Cara membuat maskernya: ambil 2-3 lembar daun pepaya / sekitar 30g yang sudah tua. Kemudian di jemur sampai layu kemudian di haluskan. Tambahkan satu setengah sendok air bersih / 30cc, kemudian bisa di buat maskeran untuk mengobati jerawat. lebih baik lagi getah pepaya muda di oleskan pada bagian berjerawat di lakukan rutin sampai sembuh jerawatnya.
  3. Manfaat Daun Pepaya melancarkan pencernaan. Tumbuhan dari Daun pepaya memiliki kandungan kimia senyawa karpain. Bahan itu bisa membunuh mikroorganisme yang sering mengganggu fungsi pencernaan.
  4. Manfaat Daun Pepaya untuk menambah nafsu makan. Bagi Anda yang susah makan. Silakan ambil daunnya yang segar dan memiliki ukuran sebesar telapak tangan, tambahkan sedikit garam dan air hangat setengah cangkir / 200cc, Campur semua lalu diblender. Kemudian saring airnya tambahkan madu 2 sendok kacau dan santap dalam kondisi hangat. buat lagi sampai nafsu selera makan normal kembali.
  5. Manfaat Daunnya mengobati demam berdarah. Siapa sangka kalau pepaya juga dapat untuk menyembuhkan gejala demam berdarah. Coba ambil 5 lembar daun muda. Tambahkan setengah liter air lalu direbus sampai tinggal tiga perempatnya saja / satu gelas tambahkan sedikit garam, madu 2 sendok. minum selagi masih hangat. buat 1 hari 3x pagi sore dan menjelang tidur sampai gejala demam berdarah sembuh.
  6. Manfaat Daunnya mengobati Nyeri haid. Pada zaman dulu wanita jika menjelang menstruasi sering memanfaatkan untuk mengobati sakit haid. Ambil 1 lembar daun muda, tambah asam jawa dan garam. Lalu campur dengan segelas air / 250 cc dan Rebus. ambil airnya dan tambahkan madu 2 sendok kacau. minumnya setelah dingin.
  7. Manfaat Daun pepaya Anti kanker. Hal ini masih belum pasti, tapi dari beberapa penelitian bahwa manfaat daun pepaya juga dapat dikembangkan sebagai anti kanker. Sebenarnya bukan hanya daunnya saja melainkan batang pepaya juga dapat digunakan. Karena keduanya memiliki milky latex (getah putih seperti susu).



Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment