Tidak ada yang lebih penting dalam pergaulan umat manusia di dunia ini selain komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan suatu pikiran, gagasan atau ide, atau pesan dari seseorang kepada orang lain. Kita berkewajiban untuk mengupayakan segala cara untuk menggunakan semua alat yang ada agar penyuluhan menjadi efektif. media penyuluhan ini adalah salahsatu media visual yang memaparkan penyuluhan pada komoditi bidang pertanian, perikanan dan kehutanan.

Mengatasi Gangguan Pencernaan pada Anak Kambing

Sembelit adalah kelainan pada sistem pencernaan mengalami pengerasan feses atau tinja yang berlebihan sehingga sulit untuk dibuang atau dikeluarkan dan dapat menyebabkan kesakitan yang hebat,dan bisa berakibat fatal.
Penyebab
Penyebab umum konstipasi atau sembelit antara lain :kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi, pengaruh hormon dalam tubuh, kelainan anatomis pada sistem pencernaan, kekurangan asupan vitamin C, disebabkan oleh penyakit, kekurangan makanan berserat, dan masih banyak lainnya.
Tanda dan gejala
  • Rumen atau Perut penuh, dan bahkan terasa kaku.
  • Tubuh lesu, lemah, tidak lincah, mata sayu.
  • Tinja atau feses lebih keras, dan berwarna lebih gelap daripada biasanya, dan lebih sedikit daripada biasanya
  • Bagian anus atau dubur terasa penuh, tidak plong, dan terganjal sesuatu disertai sakit akibat bergesekan dengan tinja atau feses yang kering dan keras.
  • Usus kurang elastis.
Pengobatan:
  • Perah susu induk, masukkan dalam dot bayi, kemudian sedikit dipaksakan dalam memberi susu mengunakan dot.
  • Beri obat pencernaan “DIALAC / BIO L” atau sejenisnya.
  • Jika masih sembelit juga, maka dengan terpaksa, celupkan jari kelingking pada minyak goreng kemudian masukkan ke dubur secara perlahan dan ambil feses yang menyumbat dubur satu persatu, hati-hati jika tampak darah pada feses, sebaiknya dihentikan. Jika terasa belum maksimal maka:
  • Ambil sabun bayi “Johnson;s baby top-to-toe wash”, ambil wadah tuangkan sabun bayi secukupnya tambahkan air kemudian aduk rata. Ambil suntikan tanpa jarum ukuran 1ml, ambil cairan sabun dengan suntikan masukkan kedubur sebanyak 10ml. Feses keras akan keluar dengan sendirinya.
“DILARANG MENGGUNAKAN SABUN ORANG DEWASA KARENA KADAR pH-nya  SANGAT TINGGI MAKA DAPAT MERUSAK SISTEM PENCERNAAN”.
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment