#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Pemanfaatan Limbah Jerami Jagung dengan Metode Amoniasi Sebagai Pakan Ruminansia

Penyuluh Pertanian, Yusran A. Yahya di Areal lahan Tanaman Jagung di Wilayah Binaannya

DIOLUHTAN-suluhtani. Sebelumnya, kita terlebuh dahulu mengetahui, apa itu Amoniasi?. Amoniasi adalah cara pengolahan kimia dengan menggunakan amoniak (NH3). NH3 ini sebagai bahan kimia yang digunakan untuk meningkatkan daya cerna bahan pakan berserat sekaligus meningkatkan kadar N (proteinnya). Cara ini mempunyai keuntungan-keuntungan yaitu: sederhana, mudah dilakukan, murah (sumber NH3 diambil dari urea), juga sebagai pengawet, anti aflatoksin, tidak mencemari lingkungan dan efisien. Berdasarkan teori dari Sudana (1984) jerami padi yang diberi perlakuan urea 4% dan disimpan selama 4 minggu terjadi peningkatan daya cerna dari 35% menjadi 43,6% dan kandungan nitrogen total dari 0,48% menjadi 1,55%.
Amoniak dapat menyebabkan perubahan komposisi dan struktur dinding sel sehingga membebaskan ikatan antara lignin dengan selulosa dan hemiselulosa, sehingga memudahkan pencernaan oleh selulase mikroorganisme rumen. Amoniak akan terserap dan berikatan dengan gugus asetil dari bahan pakan, kemudian membentuk garam amonium asetat yang pada akhirnya terhitung sebagai protein bahan.

Dengan metode amoniasi sederhana maka Jerami jagung yang sudah kering dan memiliki tingkat kecernaan (TDN) yang rendah bisa memiliki tingkat kecernaan lebih baik. Dengan meningkatnya nilai kecernaan jerami jagung tentunya akan semakin bisa termanfaatkan oleh ternak sebagai salah satu jenis pakan alternatif.
Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk pembuatan jerami jagung amoniasi
1) Jerami jagung
2) Urea
3) Molases
Peralatan:
1) Timbangan
2) Plastik
3) Skop
4) Cangkul
5) Sendok
6) Ember
7) Alat penyiram


 Pencacahan Jerami 3-5 cm

Cara Membuat Jerami Jagung Amoniasi:
Perlakuan amoniasi jerami jagung dengan jumlah bahan 4 kg bahan urea dan 100 kg bahan kering jerami jagung
Pertama, Cara perlakuan : Urea (4 kg) dicampur dengan air 100 liter, Kemudian jerami jagung yang sudah dicacah 3-5 cm disiram air larutan urea hingga merata lapis perlapis
Kedua, Campuran bahan tersebut kemudian tutup dengan plastik/terpal, hingga kedap udara, Diamkan selama 1-2 minggu untuk proses amoniasi
Ketiga. Proses amoniasi dapat dilakukan di dalam tempat khusus misalnya drum bekas atau di tempat lainnya, yang ditutup dengan plastik/terpal kedap udara.
Penyuluh (kiri) memberikan penjelasan mengenai wadah perlakukan amoniasi 
Proses amoniasi bila sempurna ditandai tekstur jerami relatif rapuh dan lebih mudah putus, berwarna kuning tua atau lebih kecoklatan dan bau ammonia khas tape. Untuk mengurangibau amonia, jerami harus dianginkan selama 1-2 jam sebelum diberikan pada ternak.  
Re-Suluh/Editor: Yusran A. Yahya
Disarikan dari berbagai Sumber





Previous
Next Post »
Post a comment
Thanks for your comment