#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Kerjasama Pusat Pendidikan Pertanian dan SEAMEO BIOTROP untuk Magang dan Sertifikasi Sistem Informasi Geospasial


Magang sistem informasi Geospasial kerjasama Pusdiktan dan SEAMEO BIOTROF

DIOLUHTAN-suluhtani.Bogor. Upaya peningkatan kompetensi dosen dan pendidik lingkup Kementerian Pertanian terus di gencarkan. Program program penumbuhan kreatifitas dan skill dosen tiap tahun diadakan magang, workshop, pelatihan dan lain sebagainya. Satu diantara sekian banyak upaya tersebut adalah kegiatan "Magang sistem informasi Geospasial " bekerjasama dengan SEAMEO BIOTROF (South East Asian Ministers of Education Organization for Tropical Biology) di Kota Bogor. Training dan sertifikasi ini dilaksanakan selama 10 (sepuluh) hari yang di ikuti oleh péwakilan dosen dan tenaga pendidik di Politeknik Pembangunan Pertanian dan Sekolah Menengah Kejuruan Pembangunan Pertanian lingkup Kementerian Pertanian.
Idha widi arsanti selaku Kepala Pusat Pendidikan Pertanian (Kapusdiktan) dalam sambutannya berharap para peserta serius mengikuti magang dan sertifikasi dan lulus serta bisa membagikan ilmu yang di dapat kepada rekan sesama dosen, mahasiswa, masyarakat,petani, dan lain sebagainya. 
Idha Widi Arsanti, Kepala Pusat Pendidikan Pertanian (Kapusdiktan) Kementan RI 

Sistem Informasi Geospasial ini sangat bermanfaat dalam mendukung sistem pertanian Presisi yang lebih mengedepankan pemanfaatan teknologi bagi sektor pertanian. Tantangan Revolusi 4.0 kedepan lebih komplek terutama bagi para generasi muda petani yang harus menguasai pemanfaatan teknologi untuk pertanian.
Lembaga yang bertempat di Bogor ini sebagai lembaga yang kompeten di bidang Geospasial diharapkan mampu membantu peserta magang untuk lebih banyak praktek daripada teoritis panfaatan teknologi Informasi geospasial. Hal ini sangat dibutuhkan dalam mendukung program Kementerian Pertanian yang telah melakukan peningkatan mekanisasi pertanian yaitu pemberian bantuan alat mesin pertanian.
Harapan ke depan para petani kita lebih dekat dengan pemanfaatan teknologi pertanian untuk meningkatkan kualitas dan prosuktivitas hasil pertanian. Beliau dalam sambutannya juga berharap para peserta magang bisa lebih banyak menemukan ide penelitian yang bisa meningkatkan keemampuan menulis dan menerbitkan hasil penelitian dan pengabdian masyarakat ke jurnal maupun simposia ilmiah di bidangnya.Rencana tindak lanjut beliau berharap ada jalinan kerjasama antar SEAMEO BIOTROP dengan Kementerian Pertanian dalam peningkatan kompetensi tenaga pendidik melalui bantuan penelitian dan beasiswa penuh pendidikan lanjut. Sehingga bisa memingkatkan kualitas Sumber Daya Manusia di bidang Pertanian Indonesia. (wht)

Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment