#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Harapan yang Tinggi terhadap Menteri Pertanian Baru

DIOLUHTAN-suluhtani. Selamat dan harapan tinggi petani dan penyuluh kepada bapak Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, SH, M.Si, MH atas dilantiknys sebagai Menteri Pertanian (Mentan) Republik Indonesia (RI) Kabinet Indonesia Maju oleh Presiden RI, Joko Widodo.
SYL sapaan akrabnya, merupakan pria kelahiran Makassar 16 Maret 1955 ini telah berpengalaman banyak di bidang pemerintahan, pernah menjabat sebagai Gubernur Sulawesi Selatan 2 (dua) periode. Ia juga pernah menjabat Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Tahun 2003-2008, Kepala Biro Humas Setwilda Tingkat I Tahun 1993 dan juga sebagai Bupati Gowa Tahun 1994–2002. Pun sebelumnya pernah jadi Lurah dan Camat. 

Syahrul, menyelesaikan pendidikan Sarjana Hukum Universitas Hasanuddin (S1) Tahun 1983, Pasca Sarjana LAN (S2) Tahun 1999, Pasca Sarjana Universitas Hasanuddin (S2) Tahun 2004 dan S3 Universitas Hasanuddin Tahun 2008.
SYL menginginkan Indonesia membangun sektor pertanian secara terstruktur, sistematis, dan masif. Hal ini telah ia terapkan saat menjadi Gubernur Sulsel, sehingga dengan cita-cita tersebut menjadikan Sulsel sebagai lumbung pangan Indonesia.
Secara strategi beliaulah ahlinya. Berkat kepiawaian beliau 1 (satu) juta ton produksi beras dapat dicapai. Belum lagi program kerja Sapi 1 Juta Ekor serta penggemukan sapi dengan capaian 100.000 ribu ton daging sapi, semuanya untuk Sulsel. Ditangan beliau program 1 juta pohon menjadi percontohan nasional salahsatunya dengan pohon Trembesinya, kemudian program ini ditiru oleh Presiden SBY. Berbarengan dengan hal itu pula beliau tidak melupakan kinerja penyuluh pertanian, perikanan dan kehutanan sehingga terkenal slogan "Dont Stop Menyuluh" dan "Sulsel sayang Penyuluh".
Baju Seragam Penyuluh Sulsel di Masa Gubernur SYL (Foto: Grup Penyuluh Pertanian Sulsel
Dari hal itulah beliau meraih penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara berturut-turut mulai 2011, 2012, 2013 dan 2014 dan beliau meraih Satya Lencana Pembangunan Pertanian. Serta yang paling fenomenal meraih penghargaan kehormatan Bintang Mahaputera Utama. Penghargaan kehormatan tersebut diraih karena kemampuan manajemen SYL terhadap pertanian Sulawesi Selatan, yang bahkan mampu memenuhi pangan di 17 Provinsi di Indonesia. 
Tentu masih teringat saat beliau membawa Sulawesi Selatan menjadi salahsatu daerah yang swasembada pangan di Indonesia, dan sangat berani "berteriak" bahwa Sulawesi tidak membutuhkan impor beras.
Menurut Yusran A. Yahya (Penyuluh Pertanian Dinas Peternakan Kab. Bone), terpilihnya bapak SYL sebagai Menteri Pertanian merupakan langkah tepat yang diambil Presiden Jokowi selain Bapak Amran Sulaiman. Prestasi dibidang pertanian, perikanan dan kehutanan sangat banyak dan bias dilihat dari jejak digitalnya. “Kami penyuluh berharap, bahwa perhatian bapak SYL kepada para Penyuluh dalam membimbing petani lebih besar lagi dibanding saat masih menjabat Gubernur Sulsel yang saat itu sangat “sayang” penyuluh” ungkap Yusran
Saat silaturahmi dengan pejabat di Kantor Pusat Kementrian Pertanian, Syahrul Yasin Limpo mengungkapkan rasa senang dan bahagia (Rabu, 22/10/2019) "Saya senang dan bahagia, ini amanah dari Bapak Presiden, tidak boleh disia-siakan. Kerja adalah bagian dari ibadah kita, lelah akan terbayar dengan prestasi," kata Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo di hadapan Eselon I Kementan di Kantor Kementan, dilansir tabloid sinartani.
"Izinkan saya hadir disini sebagai Bapak, temen, saudara, saya yakin kita bisa bekerja bersama sama. tidak ada kelelahan yang terbayar dengan prestasi," tambahnya.
Semoga dengan strateginya Pertanian Indonesia makin maju, penyuluh dan petani lebih sejahtera sehingga swasembada pangan tercapai, ketahanan pangan sukses.
Terimakasih pula atas dedikasi dan pengabdian Bapak Amran Sulaiman (Mentan RI 2014-2019), Semoga kesuksesan dan kebahagiaan senantiasa menyertai bapak.
Yusran A. Yahya NS
Penyuluh Pertanian Kab. Bone, Sulsel

Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment