Tidak ada yang lebih penting dalam pergaulan umat manusia di dunia ini selain komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan suatu pikiran, gagasan atau ide, atau pesan dari seseorang kepada orang lain. Kita berkewajiban untuk mengupayakan segala cara untuk menggunakan semua alat yang ada agar penyuluhan menjadi efektif. media penyuluhan ini adalah salahsatu media visual yang memaparkan penyuluhan pada komoditi bidang pertanian, perikanan dan kehutanan.

Jasa Kloning Hewan Peliharaan "Sinogene" Berhasil Menduplikasi Superstar

DIOLUHTAN-suluhtani, Salah satu dari bintang dalam puluhan film di Cina bernama Juice dan telah menjadi salah satu bukti keberhasilan teknologi dalam mengkloning hewan peliharaan. Ketika Juice semakin tua dan mencapai puncak karirnya, pemiliknya yang berbasis di Beijing, memiliki satu keinginan agar anjing itu terus hidup dan mungkin untuk selamanya.
Juice berusia sembilan tahun yang sudah disteril atau "Guozhi" dalam bahasa Mandarin, sehingga tidak dapat mereproduksi sejak ia dikebiri dari usia dini. Tapi tuannya, pelatih hewan He Jun, ingin melanjutkan bintangnya dengan membuat tiruan genetik. "Juice sendiri adalah bagian dari kekayaan intelektual dengan pengaruh sosial," katanya.
Untuk mencapai itu, Dia pergi ke Sinogene, perusahaan biotek pertama Cina untuk menyediakan layanan kloning hewan peliharaan. Sinogene menjadi berita utama ketika berhasil mengkloning beagle pada Mei tahun lalu. Sebulan kemudian, ia meluncurkan layanan kloning komersial.
Setidaknya dihargai 380.000 yuan atau sekitar Rp 798,77 juta (1 yuan = Rp 2.102), pemilik hewan peliharaan dapat mengkloning hewan peliharaan mereka. CEO Sinogene Mi Jidong mengatakan, bisnis kloning hewan peliharaan perusahaan dalam tahap awal. Tetapi ia berencana memperluas layanan, termasuk mengedit gen. "Kami telah menemukan bahwa semakin banyak pemilik hewan peliharaan ingin hewan peliharaan mereka untuk menemani mereka dalam jangka waktu yang lebih lama," kata Mi.

Industri bioteknologi Cina berkembang pesat dan dibandingkan dengan perusahaan serupa di Barat, menghadapi hambatan regulasi yang relatif sedikit. Awal tahun ini, sebuah lab Shanghai menghasilkan klon monyet pertama di dunia, dua ekor kera ekor panjang. Lebih kontroversial, He Jiankui dari Universitas Sains dan Teknologi Selatan di Cina bulan lalu mengklaim, dia menggunakan teknologi pengeditan gen untuk mengubah gen embrio gadis kembar.
Tin-Lap Lee, seorang profesor ilmu biomedis di Chinese University of Hong Kong, mengatakan ketika Cina memiliki peraturan tentang penggunaan hewan untuk penelitian laboratorium, tidak ada hukum yang secara eksplisit mencakup kloning hewan. "Di sisi pemerintah, citra industri kloning ini sangat berteknologi tinggi, dan pasti sangat mendukung industri-industri berteknologi tinggi karena margin keuntungan mereka yang tinggi," kata Lee.
Dalam kasus Juice, sampel kulit dikumpulkan dari perut bawah anjing dan dalam beberapa minggu, Sinogene mampu mengisolasi DNA dan membuahi sel telur. Telur yang dibuahi kemudian dimasukkan ke dalam rahim induk ibu pengganti dalam hal ini seekor beagle.
Kloningan Juice, "Little Juice" atau "Zhizhi" dalam bahasa Cina, lahir pada pertengahan September dan tinggal bersama ibu surrogate di laboratorium Sinogene selama sekitar satu bulan. Anak anjing itu kemudian diberikan kepada Dia pada upacara kecil di mana Juice asli hadir.
Meskipun dia belum melakukan Little Juice untuk menunjukkan bisnisnya dulu, dia melihat banyak potensi. "Kami percaya dia akan lebih baik daripada Juice yang lebih tua," katanya.
Editor : Y.A. Yahya
Sumber : www.suara.com

Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment