Tidak ada yang lebih penting dalam pergaulan umat manusia di dunia ini selain komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan suatu pikiran, gagasan atau ide, atau pesan dari seseorang kepada orang lain. Kita berkewajiban untuk mengupayakan segala cara untuk menggunakan semua alat yang ada agar penyuluhan menjadi efektif. media penyuluhan ini adalah salahsatu media visual yang memaparkan penyuluhan pada komoditi bidang pertanian, perikanan dan kehutanan.

Ulasan Singkat Pemupukan pada Tanaman Durian

Penyuluh Pertanian bersama Babinsa di Kebun Durian Milik Kelompok Tani


DIOLUHTAN. suluhtani. Pemupukan merupakan rangkaian proses kegiatan pemberian unsur hara untuk memenuhi kebutuhkan tanaman sesuai dengan fase pertumbuhan.
Berdasarkan umur tanaman, pemupukan durian dibagi menjadi tiga tahap, yaitu pemupukan tanaman belum produksi (umur 0-4 tahun), masa awal produksi (5-9 tahun), dan masa produksi lanjut (10 tahun dst.). Secara ringkas jenis pupuk, dosis dan saat pemupukan untuk masing-masing kelompok umur tanaman ditampilkan pada tabel 1 dan 2.



Tahapan pelaksanaan pemupukan adalah sebagai berikut :
a. Menyediakan jenis pupuk sesuai kebutuhan tanaman. Pupuk dapat menggunakan unsur hara tunggal atau majemuk dengan takaran dosis dan kandungan hara sama atau mendekati nilai dalam tabel.
b. Menghitung kebutuhan pupuk sesuai umur tanaman 
c. Memupuk tanaman dengan cara ditabur atau dibuat lubang dangkal (dengan tugal) dibawah tajuk sekeliling batang tanaman 
d. Menyiram tanaman setelah memupuk, bila tidak ada hujan.
Sumber : Buku Lapang Durian-Direktorat Buflori

Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment