Tidak ada yang lebih penting dalam pergaulan umat manusia di dunia ini selain komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan suatu pikiran, gagasan atau ide, atau pesan dari seseorang kepada orang lain. Kita berkewajiban untuk mengupayakan segala cara untuk menggunakan semua alat yang ada agar penyuluhan menjadi efektif. media penyuluhan ini adalah salahsatu media visual yang memaparkan penyuluhan pada komoditi bidang pertanian, perikanan dan kehutanan.

Beras Petani Indonesia Sampai ke Gaza, Mentan RI Sangat Bersyukur


DIOLUHTAN-suluhtani. Beras sebanyak 2.000 ton dari masyarakat Indonesia yang dilepas Aksi Cepat Tanggap (ACT) melalui program Kapal Kemanusiaan Palestina (KKP), pada Rabu, (21/02/2018), lalu, sudah tiba di Gaza sejak Senin, (26/03/2018).
Hal ini diungkapkan Direktur Global Humanity Response ACT, Bambang Triono. "Sampainya KKP ini, lebih cepat enam hari dari perkiraan yang direncanakan sebelumnya," ujarnya (Jumat, 06/04/2018).

Hal tersebut, kata Bambang, menjadi pencapaian yang luar biasa dalam sejarah kemanusiaan Indonesia dan hubungan Indonesia dengan Palestina.
Warga Gaza pun menyambut baik kasih sayang warga Indonesia melalui bantuan beras ini. Tak ayal nama Indonesia pun mengema di setiap doa warga Gaza Palestina. Tampak bendera Indonesia dan ACT pun berkibar dalam konvoi iring-iringan truk yang membawa 2.000 ton bantuan beras dari warga Indonesia. "Sebenarnya nama Indonesia dan ACT tak asing lagi di mata warga Gaza karena sering kali bantuan dari warga Indonesia melalui program-program kemanusiaan ACT telah dinikmati dan dimanfaatkan warga Gaza. Nama Indonesia sudah tertambat dihati warga Gaza dan selalu melekat terus di hati mereka," ujar Bambang.
Maka tak heran dalam aksi memperingati Land Day ke-42, tentang Al Awdah March, mulai Jumat, (30/3), kemarin yang dilakukan warga Gaza yang rencananya akan digelar hingga enam pekan ke depan, selain berkibar bendera Palestina tampak terlihat bendera Indonesia bersama bendera ACT.
Beras hasil petani Indonesia berhasil dikirim ke Gaza (Istimewa/ACT)
Merespon tibanya bantuan tersebut di bumi Palestina, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman sangat bersyukur atas kabar baik tersebut. "Saya bersyukur pengiriman dapat berjalan lancar, sejak dari pelabuhan Indonesia sampai diterima di Gaza. Semoga bantuan ini akan sedikit meringankan penderitaan mereka,” ujarnya.
Orang nomor satu di Kementrian Pertanian ini menegaskan, sikap Pemerintah Indonesia terhadap Palestina yang beberapa kali disampaikan Presiden Jokowi tidak berubah. Dalam sidang OKI di Jakarta tahun 2016 yang lalu dan dalam berbagai even diplomasi internasional lainnya Presiden Jokowi selalu menyerukan kemerdekaan bagi bangsa Palestina. “Sikap Kementerian Pertanian tentunya sejalan dengan kebijakan Presiden Jokowi. Sebagai negara yang secara resmi mendukung kemerdekaan Palestina, dan sebagai bangsa yang mayoritas penduduknya Muslim. Bantuan beras dan bantuan lainnya kepada saudara muslim yang sedang menderita di negara lain, khususnya di Palestina, pasti kami sangat mendukungnya,” ujar Amran
Alumnus Fakultas Pertanian Universitas Hasanudin (Unhas) Makasar tahun 1988-1993 ini mengungkapkan bentuk dukungan Pemerintah Republik Indonesia terhadap kemerdekaan Palestina diimplementasikan dengan membuka Konsulat Kehormatan di Ramallah, dan terus mendorong ASEAN dan PBB mendukung kemerdekaan Palestina.
Diplomasi Pemerintahan Indonesia pun terus bergerak membela rakyat Palestina. Hal tersebut menurutnya pernah disampaikan Presiden Jokowi dalam pidato kenegaraannya pada Hari Ulang Tahun ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia, di depan Sidang Bersama DPD dan DPR. “Kapal kemanusiaan Palestina ini akan memperkuat solidaritas sesama muslim, baik yang berada di luar negeri maupun sesama umat muslim di Indonesia. Pandangan kebangsaan ini, merupakan implementasi nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan dan keadilan sosial yang ada di dalam dasar negara kita,” jelas Amran
Gerakan kemanusiaan bantuan beras ke lokasi krisis kemanusiaan di dalam dan luar negeri yang dilakukan ACT, secara rill sangat membantu para petani di Indonesia. Sebab dana kemanusiaan yang digalang ACT digunakan untuk membeli beras dengan harga yang terbaik kepada para petani. Selain itu, ACT pun memperkuat Lumbung Pangan Masyarakat (LPM).
Amran pun mengapresiasasi yang dilakukan ACT tersebut. Ia bertekad akan terus mendorong semua upaya untuk membantu mensejahterakan petani, menyediakan pangan bagi rakyat Indonesia dan yang terpenting mensejahterakan seluruh masyarakat Indoneasia.
Menurutnya Kebijakan yang dikeluarkan dalam bentuk berbagai program Kementerian Pertanian saat ini, seluruhnya ditujukan untuk mencapai tujuan tersebut. “Gerakan kemanusian ACT ini sudah sangat baik, karena menolong sesama umat manusia dan semoga dengan cara yang baik pula akan memberikan energi positif bagi pertanian Indonesia dan kebaikan masyarakat kita secara lebih luas lagi,” katanya.
Editor : Y.A. Yahya
Sumber (re-share) : www.jawapos.com

Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment