#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Pisang "Mulu Bebe (Musa sp) merupakan pisang khas Maluku Utara

DIOLUHTAN. Komoditas Hortikultura yang memiliki nilai ekonomi tinggi, salah satunya pisang. Pisang merupakan tanaman yang berasal dari kawasan di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Pisang merupakan buah yang dikonsumsi hampir setiap hari oleh masyarakat Indonesia karena harganya yang terjangkau dan mudah diperoleh.
Pisang Mulu Bebe (Musa sp) merupakan pisang khas Maluku Utara karena penyebarannya hanya terdapat di wilayah Maluku Utara saja terutama di Kabupaten Halmahera Barat dan Ternate.Pisang ini termasuk ke dalam jenis pisang olahan (plantain).

Pisang ini termasuk ke dalam anggota genus Musa (family Musaceae), terdiri dari pisang yang langsung dimakan (dessert bananas) (segar, lembut dan manis : Musa acuminata) dan pisang olahan (plantain) (bertepung, kurang manis, diolah atau diproses sebelum dimakan : Musa balbisiana) (Sinha et al., 2012). Umumnya pisang dimakan secara langsung (segar), namun banyak juga yang mengonsumsinya dalam bentuk olahan seperti keripik, pisang goreng, pisang rebus, kolak, bolu, nugget pisang dan sebagainya.
Di Maluku Utara, pisang menempati urutan ketiga dari sisi produksi dibandingkan dengan jenis buah-buahan lainnya. Pisang tersebut juga telah terdaftar di Pusat Perlindungan Varietas Tanaman (PPVT) dengan nomor register 19/PVL/2009 tanggal 16 Juni 2009 atas nama Gubernur Maluku Utara.
Dinamakan Mulu Bebe (mulut bebek) karena bentuk buahnya melengkung menyerupai mulutnya bebek. Selain bentuknya yang unik, pisang olahan ini disajikan sebagai pisang goreng. Warna daging buah matang pisang mulu bebe berwarna kuning kemerahan (oranye), ini mengindikasikan kandungan vitamin C nya lebih tinggi dibandingkan dengan jenis pisang yang lainnya. Rasa buah Pisang Mulu Bebe sedikit masam pada waktu matang. Kulit buah Pisang Mulu Bebe memiliki ciri khas tersendiri, pada waktu kulit buah yang sudah tua dikupas, kulit buah tersebut mudah mengelupas sampai ke ujung buahnya. Pada setiap 100 gram Pisang Mulu Bebe terkandung 70 gram air, 1,2 gram protein, 0,3 gram lipid, 27 gram karbohidrat, 400 miligram kalium, 20 miligram asam askorbat dan zat penting lainnya seperti vitamin B1, B2 dan B6. (BPTP Maluku Utara, 2017).
Pisang yang setengah masak dikupas dan diiris memanjang kemudian digoreng sampai berwarna menguning hasilnya mirip dengan keripik pisang lalu dimakan bersama dengan sambal colo-colo, kacang goreng, dan air guraka (Jahe). 
Pisang mulu bebe berukuran diameter batang 10-11 cm, warna hijau kekuningan dan biasa menghasilkan jumlah anakan 5 buah. Dari segi produksi pisang mulu bebe menghasilkan sekitar 3 sisir/tandan dengan jumlah buah sebanyak 10 buah/sisir dan berat buah dalam satu tandan mencapai 2-3 kg.
Dalam setiap 100 gram daging buah pisang mulu bebek mengandung 70 gram air, 1,2 gram protein, 0,3 gram lipid, 27 gram karbohidrat, 400 miligram kalium, 20 miligram asam askorbat dan zat penting lainnya seperti vitamin B1,B2,B6.

Admin www.suluhtani.com saat "bertugas" di Halmahera Utara sambil mencicipi kuliner khas Maluku Utara, Air (ake) Guraka dan Pisang goreng Mulu Bebe

Diharapkan kedepan. Pisang Mulu Bebe ini dapat dibudidayakan dan dikembangkan dengan baik di daerah lainnya diluar Maluku Utara, sehingga seluruh masyarakat Indonesia bisa mencicipinya.

Editor : Y.A. Yahya
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment