Tidak ada yang lebih penting dalam pergaulan umat manusia di dunia ini selain komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan suatu pikiran, gagasan atau ide, atau pesan dari seseorang kepada orang lain. Kita berkewajiban untuk mengupayakan segala cara untuk menggunakan semua alat yang ada agar penyuluhan menjadi efektif. media penyuluhan ini adalah salahsatu media visual yang memaparkan penyuluhan pada komoditi bidang pertanian, perikanan dan kehutanan.

Peta Harga Jenis-Jenis Cabai di tingkat Petani (Rp/Kg)

DIOLUHTAN. suluhtani. Cabai adalah salah satu komoditas strategis pertanian yang hasilnya setiap hari dibutuhkan masyarakat sebagai bumbu menu masakan sesuai selera.
Kebutuhan dapur itu cenderung tetap setiap bulan, namun ketersediaannya sangat fluktuasi karena bersifat musiman sehingga harga cenderung naik, terutama saat hari-hari besar keagamaan.
Pada sisi lain keberadaan cabai berpengaruh signifikan terhadap terjadinya inflasi selain padi secara nasional yang hamper terjadi setiap tahun. Dalam satu tahun harga cabai bisa ke titik terendah bahkan dalam tempo singkat bisa berbalik arah ke posisi tertinggi.
Penyebabnya karena pasokan yang fluktuatif, di sisi lain permintaan terus terjadi sepanjang tahun. Suplai cabai tak sepenuhnya tersedia sepanjang tahun karena ada faktor musim, belum lagi karena faktor penghambat produksi seperti hama, musim kemarau, hingga musim hujan pun jadi masalah pasokan cabai.
Berikut ini kami akan menyajikan Peta Harga Cabai di tingkat Petani (Rp/Kg) per tanggal 27 Maret 2018 :
Peta Harga Jenis Cabai Rawit di tingkat Petani (Rp/Kg)

Peta Harga Jenis Cabai Merah Besar di tingkat Petani (Rp/Kg)
                                                                     
  
Peta Harga Jenis Cabai Keriting di tingkat Petani (Rp/Kg)

Peta Harga Jenis Cabai Rawit Hijau di tingkat Petani (Rp/Kg)

Source : Yusran A. Yahya

Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment