#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Harapan Peternak Makin Tinggi dengan Lahirnya Pedet-Pedet Kembar BIB Lembang

DIOLUHTAN. suluhtani-Jabar. Balai Inseminasi Buatan (BIB) Lembang kembali mendapat rejeki serta kabar gembira. Hal ini dikarenakan sapi milik peternak yang dibina kembali melahirkan pedet kembar. Kali ini berasal dari straw semen beku pejantan Limousin UPHAM (80979) dan pejantan Simmental W. DERMONT (60877).
Pedet kembar yang lahir pada tanggal 7 Maret 2018 tersebut merupakan ternak milik Yusuf dari Sawit Lor, Gombang, Ponjong Yogyakarta. Sapi indukan ‘Nanda’ di-IB-kan pada tanggal 04 Juni 2017 dengan straw semen beku dari pejantan Simmental W. DERMONT (60877).
Begitu pula ternak milik Bandi, warga Gunung Kidul, sapi betinanya melahirkan pedet kembar dari straw pejantan Simmental W. DERMONT (60877) tanggal 21 Maret 2018. Lain lagi dengan pedet kembar dari Kalimantan Selatan hasil IB dari straw pejantan Limousin UPHAM (80979).
Seperti kita ketahui sapi potong Simmental dan Limousin merupakan sapi potong yang menghasilkan karkas berkualitas tinggi. Berat jantan dewasa bisa mencapai 1.200 – 1.500 kg sedangkan sapi betina dewasa bisa memiliki bobot mencapai 500 - 800 kg. Sedangkan pada saat lahir memiliki bobot sekitar 25-50 kg. Memiliki bentuk tubuh besar, panjang, kompak dan padat. Pertumbuhan bobot badan sangat cepat, pada masa pertumbuhan dapat mencapai 1-2 kg per hari dengan dukungan manajemen pemeliharaan dan pakan yang bagus. Keunggulan sapi potong ini sangat menarik dan menggiurkan bagi peternak, terutama nilai jual di pasaran, umur lepas sapih bisa dijual dengan harga 5-7 juta rupiah. Pada saat Idul Adha sapi berumur 2 tahun lebih bisa dihargai 15-25 juta rupiah.
Sapi Simmental dan Limousin murni di indonesia sangat sulit ditemukan alias langka, sehingga untuk mendapatkan sapi keturunan Simmental dan Limousin peternak harus melakukan persilangan dengan sapi lokal. Persilangan dilakukan dengan cara Inseminasi Buatan, yaitu proses memasukkan semen atau sperma hewan jantan ke dalam alat kelamin betina dengan bantuan alat suntik. Proses ini dilakukan oleh petugas Inseminator yang dilatih secara profesional. BIB Lembang adalah salah satu balai yang memproduksi Bibit/Semen Beku Sapi Pejantan Simmental dan Limousin unggul.
Permintaan distribusi semen beku BIB Lembang untuk sapi Simmental dan Limousin tergolong tinggi. Seperti yang dikemukaan oleh Inseminator dari kabupaten Bulukumba Provinsi Sulawesi Selatan saat kunjungan ke BIB Lembang bapak Surya Darma, “Peternak di kami selalu menginginkan sapi nya di IB dengan sapi Simmental dan Limousin, jika stok semen beku jenis Simmental dan Limousin habis mereka rela menunggu periode berahi selanjutnya sampai stoknya ada”.
Permintaan yang cukup tinggi akan semen beku sapi Simmental dan Limousin mendorong BIB Lembang untuk selalu siap menyediakan kebutuhan peternak, salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan melakukan Quality Control (QC) yang ketat pada saat produksi sehingga menghasilkan semen beku yang berkualitas sesuai SNI, dengan harapan satu kali IB sapi betina bisa berhasil bunting. 
Editor : Yusran A. Yahya 
Sumber dan Foto : Fanspage FP BIB Lembang

Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment