#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

BBPP Kupang Selenggarakan Pelatihan Tematik Penguatan Siwab di Sulsel


DIOLUHTAN. Sulsel. Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Kupang  menggelar Pelatihan Teknis Tematik Peternakan bagi Peternak, yang belangsung di 9 (Sembilan) angkatan yaitu Kabupaten Sinjai (2), Kabupaten Bone (2), Kabupaten Bulukumba (1), Kabupaten Gowa (1), Kabupaten Wajo (2), dan Kabupaten Barru (1). Kegiatan pelatihan teknis tematik ini dilaksanakan selama 5 hari efektif dengan sumber pendanaan dari APBN-P Kementerian Pertanian.
Foto Peserta Pelatihan Tematik Penguatan SIWAB bagi Peternak bersama dengan Kepala BBPP Kupang, Dr.Ir. Adang Warya, MM (duduk kedua dari kiri) didampingi oleh Kadis Peternakan dan Perkebunan Kab. Gowa dan Fasilitator Tematik Siwab di BPP Bonto-bonto, Kab. Gowa

Kepala BBPP Kupang, Dr. Ir. Adang Warya, MM juga ikut menghadiri pembukaan kegiatan diklat tematik di Provinsi Sulawesi Selatan.  Lokasi pertama adalah di BPP Bonto-Bonto, Kec. Bonto Marannu, Kab. Gowa. (14/03/2018)
Pelatihan teknis tematik ini dibuka oleh Kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan, Suhriati, SE, MM didampingi oleh Fasilitator, Muliati Sahabat, SP dan drh. Widodo yang diikuti 30 orang peternak. Kegiatan ini  diselenggarakan dalam rangka mendukung program Upsus Siwab (Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting) Kementerian Pertanian, dimana Provinsi Sulawesi Selatan merupakan salah satu provinsi yang menjadi perhatian khusus untuk peningkatan populasi ternak melalui Inseminasi Buatan.
Sedangkan di lokasi kedua yaitu bertempat di BPP Tancung, Kelurahan Pincengrute, Kab. Wajo (16/03/2018). Kegiatan pelatihan teknis ini berlangsung dari tanggal 14 s/d 20 Maret 2018 dengan fasilitator H. Sahidin, SP dan Muhammad Asri, SP.
Foto Peserta Pelatihan Tematik Penguatan SIWAB bagi Peternak bersama dengan Kepala BBPP Kupang, Dr.Ir. Adang Warya, MM (duduk ketiga dari kanan) didampingi oleh Kadis Pertanian Kab. Wajo, Widyaiswara BBPP Kupang dan Fasilitator Tematik Siwab di BPP Tancung, Kab. Wajo

Dalam kegiatan pelatihan Tematik untuk para peternak tersebut, proporsi materi yang diberikan dalam bentuk Teori sebanyak 16 Jam Pelajaran/JP (@ 45 menit) dan Praktek sebanyak 24 JP. Sehingga nantinya peserta yang telah mengikuti Pelatihan diharapkan dapat menangani masalah-masalah yang dihadapi guna meningkatkan populasi ternak sapi, khususnya mendukung suksesnya penguatan Program UPSUS SIWAB.
Adang Warya ketika dikonfirmasi menjelaskan bahwa pelatihan teknis Tematik penguatan Sapi Indukan Wajib Bunting ini merupakan metode diklat dengan materi yang disesuaikan dengan potensi dan kebutuhan peserta sehingga diharapkan mampu memecahkan permasalahan yang ada terkait dengan peternakan, khususnya penguatan program Upsus Siwab.
Materi dan kurikulum pelatihan tematik telah disusun bersama oleh BBPP Kupang dengan para fasilitator dari Sulawesi Selatan di 6 (enam) Kabupaten sehingga lebih efektif karena sesuai dengan kebutuhan di masing-masing wilayah. "Model pelatihan menerapkan pembelajaran yang berorientasi pada pemecahan masalah dan pengambilan keputusan berdasarkan kesesuaian materi yang dibutuhkan peserta pelatihan," papar Adang Warya.
Adapun materi yang diberikan kepada peserta antara lain: Kebijakan Program Upsus Siwab dan Pembangunan Peternakan, Kelayakan Akseptor, Pakan, Pengelolaan Reproduksi, Teknik Pendampingan, dan Rencana Implementasi.

Penyuluh Sulsel Siap Sukseskan Tematik Siwab
Kegiatan pelatihan teknis tematik merupakan metode yang 2 tahun  ini diterapkan oleh Kementerian Pertanian. Pola tematik ini mulai dari tema, materi dan kurikulum disusun berdasarkan potensi pertanian/peternakan di wilayah masing-masing dan dilaksanakan di tingkat Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) tingkat kecamatan di masing-masing kabupaten/kota. 
Solihin, Penyuluh Peternakan Dinas PKH Kab. Sinjai mengatakan dirinya bersama teman-teman siap mensukseskan tematik ini, dan akan menyelenggarakan di BPP, dipilihnya lokasi tersebut sebagai tempat dilaksanakannya kegiatan pelatihan teknis tematik, karena merupakan kelembagaan penyuluhan pertanian yang langsung bersentuhan dengan masyarakat tani, sehingga dampak dari kegiatan ini juga dapat langsung dirasakan oleh petani.
Para Penyuluh/Petugas Peternakan saat Peningkatan Kapasitas di BBPP Kupang untuk menyukseskan pelatihan teknis Tematik Upsus Siwab di Sulsel
Untuk kegiatan tematik di provinsi Sulsel ditempatkan di  9 titik dengan rincian Kab. Bone (2 titik), Kab. Bulukumba (1), Kab. Gowa (1), Kab. Wajo (2), Kab. Barru (1) dan Kab. Sinjai (2).
Para penyuluh pertanian dan petugas peternakan se-Kab. Sulsel siap melaksanakan dan mengawal kegiatan ini sebagai fasilitator
Menurut Yusran A. Yahya, penyuluh peternakan Disnak Kab. Bone bahwa kami para penyuluh/petugas yang telah dilatih BBPP Kupang sudah membuat perencanaan dalam melaksanakan tematik bagi petani. Dengan outputnya yaitu membangun dinamika kelompok diantaranya melalui teknik pendampingan “Hal ini dilakukan, agar bagaimana caranya nanti program Upsus Siwab keberhasilannya makin meningkat, dan target bisa tercapai” ujar Yusran.
Source : Y. A. Yahya

Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment