#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Pertolongan Pertama Bila Terjadi Abses Pada Ternak

DIOLUHTAN. Abses adalah akumulasi pus secara lokal. Abses disebabkan adanya infeksi . Abses bisa disertai bengkak dan rasa sakit. Abses dapat juga pecah dan pus atau nanah akan tampak keluar dari luka tersebut.
Yang harus dilakukan
Jika abses pecah, bersihkan abses atau luka dengan sabun dan air. Jangan membersihkan luka menggunakan deterjen. Bilas dengan baik kemudian keringkan. Lakukan hal ini beberapa kali sehari.
Jika terjadi pembengkakan kompres dengan air hangat beberapa menit. Ulangi 3-4 kali sehari.
Yang harus dihindari
Jangan mencoba membuka abses
Jangan memberikan obat-obatan kecuali telah berkonsultasi dengan dokter hewan.

Abses seringkali tejadi pada kucing, terutama yang tidak dikastrasi karena seringkali berkelahi untuk memperebutkan wilayah atau betina. Dalam menangani kondisi ini, dokter hewan pun berisiko untuk luka akibat gigitan atau cakaran. Hal ini karena pada kuku dan gigi kucing banyak terkandung bakteri. Jika luka berkembang infeksi akan tampak adanya radang dalam 1-2 hari. Kucing yang dikastrasi dapat menurunkan perilaku berkelahi tersebut.

Hal yang sering terjadi dan dialami oleh para petugas peternakan/mantri hewan pada saat setelah sapi divaksin, kadang terjadi abses akibat vaksin susu masih tertinggal diantara kulit dan daging. Tapi dengan proses diatas, abses pada ternak sapi tersebut dapat diatasi dan petugas juga diingatkan untuk betul-betul memasukkan obat vaksin intra muskuler.
Dari Berbagai Sumber
Previous
Next Post »
Post a comment
Thanks for your comment