#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Bahan Bangunan dari Jerami untuk Rumah

DIOLUHTAN-suluhtani. Ketika kita berbicara tentang pertanian, pasti yang terpikir oleh kita adalah sawah, ladang, lumpur , dan tentunya kotor. Tetapi , jika kita melihat dan mencari tahu lebih dalam apa itu pertanian pasti semua pikiran negatif tentang pertanian hilang seketika. Akhir- akhir ini, sektor pertanian menjadi sektor yang menarik minat para pemuda untuk dijadikan sebagai lahan mencari penghasilan, karena pertanian dimasa sekarang sudah merambah ke arah agroindustri dan agribisnis. Namun, disamping itu, pertanian pun menyebabkan masalah, karena limbah dari sisa hasil sektor pertanian atau biasa di sebut limbah pertanian bias menjadi salah satu penyebab  pencemaran di Indonesia. Untuk mengurangi pencemaran, beberapa  masyarakat dan pelaku di bidang pertanian pun mulai  mengolah kembali limbah sisa hasil pertanian menjadi sesuatu yang memiliki nilai ekomis dan berguna.
Biasanya jerami menjadi pakan ternak. Namun apa jadinya jika jerami ditumpuk jadi rumah?

Di beberapa negara, jerami tampaknya menjadi bahan bangunan. Selain lebih murah  jerami juga dapat menciptakan bangunan yang kokoh, unik dan eksotik. Kelebihan itu yang membuat para arsitek mulai melirik jerami padi sebagai bahan mendesain rumah. Yang juga penting, penggunaan jerami sebagai bahan bangunan juga ramah lingkungan sekaligus murah.
Seperti di Urbanites, Roma, Italia. Di wilayah tersebut rumah jerami dibangun dengan batu bata yang dihancurkan kemudian diberi campuran lumpur dan jerami. Walaupun hanya dibangun dengan kerangka kayu dan jerami, hunian tetap rapi, kokoh tanpa meninggalkan kesan unik.
Di Kashmir dan Pakistan bagian utara masyarakat telah membangun hunian yang tahan dari gempa dengan bahan baku jerami. Rumah jerami menjadi tempat tinggal bagi masyarakat kurang mampu pasca terjadinya gempa.
Rumah dari Dinding Jerami

Sementara di Pender Island, Kanada sekelompok masyarakat yang tergabung dalam Eco Homes Network sengaja memberikan edukasi dan informasi kepada masyarakat mengenai cara membangun rumah dengan bahan dasar jerami. Tujuannya adalah menciptakan hunian sehat dari bahan alternatif yang ramah lingkungan. 

Editor: Y.A.Yahya
Sumber : www.wartaagro.com

Previous
Next Post »
Post a comment
Thanks for your comment