Tidak ada yang lebih penting dalam pergaulan umat manusia di dunia ini selain komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan suatu pikiran, gagasan atau ide, atau pesan dari seseorang kepada orang lain. Kita berkewajiban untuk mengupayakan segala cara untuk menggunakan semua alat yang ada agar penyuluhan menjadi efektif. media penyuluhan ini adalah salahsatu media visual yang memaparkan penyuluhan pada komoditi bidang pertanian, perikanan dan kehutanan.

Rahasia Kisah Beras dan Nasi

DIOLUHTAN-suluhtani. Beras merupakan pangan pokok yang paling banyak dikonsumsi manusia di hampir seluruh negara di dunia. Olehnya itulah kami akan mengulas tentang rahasia kisah nasi dan beras berikut ini :

1. Nasi berbahan baku beras dikonsumsi pertama kali di Tiongkok pada 2800 SM.
2. Dibutuhkan waktu sekitar 3000-5000 tahun bagi umat manusia untuk menyadari manfaat nasi sebagai sumber pangan.
3. Di Jepang beras pernah menjadi mata uang. Status samurai diukur dengan takaran beras dengan satuan koku,
4. Dua perusahaan yang paling terkenal di Jepang saat ini mengkaitkan namanya dengan nasi. Honda berarti “Main rice field” dan Toyota berarti  “Beautiful rice field”.
5. Benua Asia memproduksi dan mengkonsumsi 90% beras di dunia.
6. Tiga dari empat negara terbesar di duniamerupakan negara pengkonsumsi nasi, yaitu; Tiongkok,  India, dan Indonesia. Bila dijumlah jumlah penduduknya merupakan setengah dari populasi dunia
7. 20% dari beras yang dikonsumsi Amerika Serikat adalah untuk membuat bir.
8. Ada Sekitar 40.000 varietas padi yang tumbuh di dunia, yang sebagian besar diantaranya diolah menjadi beras.
Karbohidrat murni yang terkandung dalam nasi jika dikonsumsi terlalu banyak dapat menyebabkan cepat lapar dan mengakibatkan rasa kantuk. 

Foto : Yoush A. Yahya

Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment