#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Mengantisipasi dan Mengatasi Hama Thrips pada Tanaman Cabe

DIOLUHTAN. Hama Thrips merupakan hama yang paling berbahaya bagi tanaman cabe. Hama ini menyerang daun tanaman cabe terutama pada pucuk daun, yang dapat mengakibatkan keriting pada daun yang terserang. 
Pertumbuhan tanaman akan terganggu bahkan bisa gagal panen gara-gara hama ini. Hama ini menyerap cairan daun, terutama daun muda sehingga daun tidak dapat tumbuh secara normal dan mengeriting. Jika ditemukan gejala daun mengeriting ke atas maka penyebabnya adalah Thrips. Sedangkan bila daun mengeriting ke bawah maka penyebabnya adalah serangga Mite.
Hama Thrips dapat mengakibatkan turunnya produktivitas tanaman, bahkan dapat mengakibatkan kematian. 
Gejala serangan ini banyak ditemukan pada musim kemarau, Jika tidak segera diatasi maka tanaman cabai tidak akan tumbuh normal. Dan jika dibiarkan tunas-tunas baru akan mati sehingga tanaman tidak dapat berproduksi dengan baik. 
Biasanya serangan Hama Thrips diikuti dengan gejala rontoknya bunga. Pada permukaan daun bagian atas biasanya juga terdapat lapisan mengkilap seperti perak. Hama tanaman ini sangat mudah dilihat kasat mata pada bunga-bunga pada tanaman dan di dalam gulungan daun tanaman. Berbentuk kecil memanjang seperti semut dan hama ini bisa bergerak cepat dan mudah melompat ke sana ke mari.
Cara Mengantisipasi Hama Thrips :
  • Sanitasi lingkungan dengan membersihkan gulma dilahan maupun disekitar lahan.
  • Gunakan mulsa plastik hitam perak.
  • Jarak tanam jangan terlalu rapat.
  • Lakukan penyemprotan secara rutin menggunakan insektisida.
  • Kalau bisa hindari menanam pada musim kemarau.
  • Terus lakukan pengotrolan pada tanaman.
Cara Mengatasi Hama Thrips :
Gunakan insektisida yang tepat sasaran. Tidak semua Insektisida bisa untuk mengendalikan hama thrips, karena setiap insektisida memiliki karakter yang berbeda dan memiliki dosis serta kandungan bahan aktif yang berbeda. Menggunakan insektisida yang tepat sasaran akan menjadikan hasil yang lebih optimal juga akan menghemat biaya modal dan tenaga.
Lakukan penyemprotan pada pagi hari dan usahakan selesai sebelum matahari panas, atau jam 7-8 pagi sudah selesai. dan tambahkan perekat atau penembus untuk membantu kinerja pestisida dan melindungi pestisida di saat curah hujan yang tidak mendukung. Pada saat menggunakan insektisida jangan menggunakan fungisida bahan aktif tembaga karena dapat menurunkan kinerja insektisida, karena insektisida bila dicampur dengan bahan tembaga akan menguap dan tidak berfungsi. 
Dari beberapa sumber/Yoush
Previous
Next Post »
Post a comment
Thanks for your comment