#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Garam, Jeruk Nipis, Bawang Merah dan Madu sembuhkan Sakit Gusi Nyeri dan Bengkak

DIOLUHTAN. Menurut drg. Anita Gina yang dilansir kesehatangigi.blogspot.com, gusi nyeri dan bengkak memang sangat menyiksa. Banyak orang yang mengeluh tidak nyaman karena gusi nyeri dan bengkak. Sekarang ini banyak sekali produk yang dijual di pasaran untuk mengatasi gigi nyeri dan bengkak. Anda harus mengerti jika tidak semua produk yang ada di pasaran aman untuk Anda gunakan.

Lebih baik Anda menggunakan cara mengobati sakit gusi nyeri dan bengkak yang alami. Cara alami memang lebih aman dan tidak memiliki efek samping yang berbahaya. Sebelum mengetahui cara mengobati sakit gusi nyeri dan bengkak ketahui dulu apa-apa penyebab terjadinya gusi bengkak, diantaranya :
1.  Kebersihan Mulut
Kebersihan mulut menjadi hal utama yang harus diperhatikan dalam menjaga kesehatan mulut dan juga mengatasi gusi yang nyeri dan bengkak. Saat anda makan maka sisa makanan akan melengket pada sela-sela gigi dan gusi yang bisa memberikan resiko adanya bakteri yang menjadi salah satu penyebab dari gusi nyeri dan bengkak. Banyak sekali orang yang menganggap dengan rajin menyikat gigi maka akan menjamin kebersihan mulut juga. Namun anda harusnya tetap memperhatikan hal-hal seperti kebersihan lidah dan wilayah sekitar mulut.
2.  Makanan yang Tidak Sehat
Mengonsumsi makanan yang tidak sehat juga mempengaruhi kesehatan dan pembengkakan gusi. Oleh karena itu makanan yang mengandung banyak gula adalah hal yang utamanya harus anda hindari.
3.  Kawat Gigi atau Behel
Pemakaian behel atau kawat gigi juga merupakan salah satu penyebab utama terjadinya gusi nyeri dan bengkak. Sebab jika memasang behel atau kawat gigi dengan sangat rapat dengan gusi maka akan memberikan tekanan yang membuat gusi bengkak dan bahkan bisa menyebabkan iritasi.
4.  Kekurangan Vitamin
Kekurangan vitamin utamanya vitamin C merupakan hal yang bisa mengakibatkan sariawan dan juga gusi nyeri dan bengkak.
5.  Masa Kehamilan
Masa kehamilan merupakan masa yang sangat berpotensi bisa merusak gigi dan juga terjadinya pembengkakan gusi. Hal tersebut terjadinya karena ibu hamil mengalami kekurangan kandungan gizi tubuh sebab harus dibagi dengan janin yang sedang dikandungnya.
Demikian penjelasan mengenai penyebab terjadinya gusi nyeri dan bengkak. Apabila anda ingin mengetahui cara mengobati gusi nyeri dan bengkak yang alami dan ampuh, silahkan menyimak uraian di bawah ini.
1.  Menggunakan Garam
Cara mengobati sakit gusi nyeri dan bengkak yang pertama adalah menggunakan garam. Bahan yang satu ini memang menjadi bahan makanan yang umum untuk mengobati gusi bengkak. Anda cukup menggunakan satu sendok teh garam dan mencampurnya dengan air hangat. Aduk hingga rata dan setelah itu gunakan untuk berkumur. Lakukan secara rutin minimal 3 kali dalam sehari dan Anda akan merasakan gusi nyeri dan bengkak sembuh dalam waktu yang cepat.
2.  Minyak Cengkeh
Cara mengobati sakit gusi nyeri dan bengkak yang kedua adalah menggunakan minyak cengkeh. Minyak cengkeh memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Apabila Anda akan menggunakan minyak ini untuk mengobati gusi nyeri dan bengkak secara cepat maka Anda harus menggunakan minyak cengkeh yang asli. Anda cukup mengoleskan minyak tersebut pada gusi yang sakit. Lakukan dengan rutin minimal 2 kali dalam sehari. Dalam waktu yang cepat gusi yang nyeri dan bengkak akan kembali normal.
3.  Jeruk Nipis
Cara mengobati sakit gusi nyeri dan bengkak yang ketiga adalah menggunakan jeruk nipis. Anda cukup menggunakan jeruk nipis yang sudah matang dan setelah itu peras jeruk nipis tersebut. Tambahkan satu gelas air hangat dan aduk hingga merata. Gunakan ramuan tersebut untuk berkumur. Akan lebih baik jika Anda menggunakan ramuan ini pada malam hari sebelum tidur dan juga pada saat Anda bangun pagi.
4.  Menggunakan Madu
Cara mengobati sakit gusi nyeri dan bengkak yang keempat adalah menggunakan madu. Madu adalah bahan makanan yang memiliki banyak manfaat. Dalam madu terdapat zat yang bisa membuat pembengkakan menjadi reda. Apabila Anda akan menggunakan madu untuk mengatasi gusi nyeri dan bengkak Anda cukup mengoleskan madu tersebut pada bagian gusi yang sakit. Oleskan minimal 3 kali dalam sehari dan setelah itu Anda akan merasakan gusi yang nyeri dan bengkak akan sembuh. Anda harus memastikan madu yang digunakan adalah madu alami.
5.  Bawang Merah
Cara yang terakhir adalah menggunakan bawang merah. Bawang merah juga memiliki zat yang bisa meredakan pembengkakan. Anda cukup melembutkan bawang merah dan oleskan pada gusi yang sakit. Cara yang satu ini sangat ampuh. Tetapi banyak orang yang enggan untuk menggunakan cara ini karena tidak tahan dengan rasa dan bau dari bawang merah. Anda juga bisa mencampurkan bawang merah tersebut dengan garam.
6.   Mengunakan Lemon dan Air Hangat
Lemon dan air hangat adalah cara yang cukup ampuh, anda hanya perlu menggunakan ¼ lemon, lalu peras airnya lalu campurkan dangan ½ gelas air hangat. Kemudian kumur-kumur, lakukan cara ini 2 kali sehari maka gusi anda akan cepat sembuh dari nyeri dan pembengkakan.
7.  Banyak Minum Air Putih
Perbanyaklah untuk minum air putih untuk mengurangi bakteri pada mulut dan juga anda bisa menggantikan fungsi air liur yang berkurang dengan mengonsumsi air putih dengan banyak.
8.  Mengurangi stress
Kesehatan gigi dan gusi merupakan hal yang juga dipengaruhi oleh adanya stress. Maka dari itu kurangilah stess dan carilah waktu untuk refreshing dan menyegarkan pikiran anda. Dengan menghindari stress kesehata mulut akan menjadi lebih baik.
9.  Pijatan Gusi
Anda bisa melakukan pijatan gusi pada gusi anda dengan menggunakna jari telunjuk dan memijat gusi yang bengkak dengan gerakan melingkar dan juga berulang-ulang. Namun pastikan untuk menggunakan tangan yang bersih agar tidak memicu bakteri lain pada mulut anda.
10.  Modifikasi Diet
Hindarilah makanan yang kurang baik bagi gusi dengan menggantikannya dengan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C. jadi tambahkanlah menu pada diet anda dengan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin yang baik bagi tubuh.
Tips lainnya dalam mengobati gusi nyeri dan bengkak ini dengan cara membuat ubat kumur dari hidrogen peroksida atau baking soda. Obat kumur bisa anda buat sendiri dengan mencampurkan air dan juga hidrogen peroksida atau baking soda. Anda bisa terbantu dengan obat kumur tersebut bisa mengurangi rasa sakit di gusi. Anda bisa berkumur beberapa dalam kali sehari untuk mencegah produksi dan penyebaran bakteri di mulut.
Jika gusi nyeri dan bengkak yang Anda derita sudah sembuh akan membuat Anda menjadi nyaman. Agar gusi bengkak tidak kambuh akan lebih baik jika Anda rutin membersihkan mulut dengan cara benar menggosok gigi.
Cara yang satu ini sangat ampuh untuk mencegah gusi nyeri dan bengkak kambuh kembali. Semua cara dan bahan yang disebutkan diatas sangat mudah untuk Anda dapatkan dengan harga yang cukup terjangkau.
Hal yang paling penting adalah semua bahan tersebut sangat aman dan tidak berbahaya jika digunakan. Semoga informasi cara mengobati sakit gusi nyeri dan bengkak ini bermanfaat untuk pemirsa DIOLUHTAN

 Dilansir dari berbagai referensi
Previous
Next Post »
Post a comment
Thanks for your comment