#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Peningkatan daya saing ekspor dengan Hilirisasi sektor Pertanian

Diorama Penyuluhan Pertanian. Sektor pertanian memiliki pengaruh dalam perekonomian nasional. Kondisi makro ekonomi nasional ke depan semakin penuh dengan tantangan. Karena itu, kebijakan pembangunan sektor pertanian harus ditingkatkan untuk memenuhi daya saing kebutuhan ekspor agar tetap unggul di pasar domestik dan ASEAN.
"Untuk mencapai hal tersebut, salah satu upaya dalam peningkatan nilai tambah produk adalah melalui kegiatan hilirisasi industri di sektor pertanian nasional," kata Wakil Menteri Pertanian, Rusman Heriawan, dalam acara kegiatan Konsolidasi Perencanaan dan Pelaksanaan Penanaman Modal Nasional (KP3MN) propinsi dan Kabupaten/Kota 2014, dengan tema hilirisasi produk pertanian, Selasa (22/4).
Rusman mengatakan, sebagian besar rumah tangga saat ini masih bergantung di sektor pertanian. Dengan alasan itu, industrialisasi yang relavan dikembangkan adalah industrialisasi pertanian.Industrialisasi pertanian yaitu kegiatan industrialisasi yang memanfaatkan hasil-hasil dari sektor pertanian dalam arti luas.
"Melalui pengembangan subsektor agroindustri (industrialisasi pertanian), dapat dipandang sebagai transisi yang paling tepat dalam menjembatani proses transformasi ekonomi di Indonesia," jelasnya.
Seiring dengan dengan sektor pertanian primer, sektor agroindustri dapat dijadikan sebagai sumber pendapatan sebagian besar penduduk Indonesia dan mengurangi kemiskinan. Ketangguhan industri yang berbasis pertanian telah terbukti pada masa krisis. Sektor agroindustri tidak banyak terpengaruh oleh krisis dan dengan cepat mengalami pemulihan.
"Pentingnya peran sektor agroindustri bukan hanya dilihat dari ketangguhannya dalam menghadapi krisis ekonomi, tetapi juga memiliki keterkaitan yang kuat dengan sektor lain," ungkapnya.
Keterkaitan tersebut tidak hanya keterkaitan produk, tetapi juga melalui keterkaitan lain, yaitu keterkaitan konsumsi, investasi, dan tenaga kerja. Hal tersebut diharapkan berimplikasi melalui pengembangan sektor agroindustri dan tercipta kesempatan kerja dan sumber pendapatan masyarakat.
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment