#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Musim Tidak Menentu Peternak diharap Mewaspadai Munculnya Penyakit ternak

Menyikapi musim yang tidak menentu seperti sekarang, Dinas Peternakan Kabupaten Bone mengingatkan para peternak agar selalu mewaspadai munculnya penyakit-penyakit pada hewan ternak mereka.
Disnak Bone sendiri kini gencar memantau serta melakukan pemeriksaan kesehatan hewan dan vaksinasi massal ternak demi mengantisipasi kemungkinan berkembangnya penyakit yang bisa menyebabkan kematian, baik pada hewan ternak maupun manusia tersebut.

"Langkah vaksinasi maupun monitoring kesehatan sapi milik masyarakat terus kami tingkatkan. Cuaca saat ini sedang tidak bersahabat dan sulit ditebak," kata Penyuluh Pertanian Kab. Bone, Yusran A. Yahya.
Diungkapkan, gerakan vaksinasi oleh Bidang Kesehatan Hewan Disnak Kab. Bone, telah diintensifkan pada hewan ternak di seluruh kecamatan. Khususnya kecamatan yang memiliki populasi sapi tinggi seperti di Kecamatan Libureng, Kahu, dan Kajuara. Menurut Yusran A. Yahya, langkah antisipasi ditempuh mengingat Kabupaten Bone pernah menjadi salah satu daerah endemis antraks, dengan ditemukannya kasus antraks pada hewan ternak pada tahun 90an lalu. Oleh sebab itu, pihaknya tak mau kecolongan lagi, dengan melakukan langkah-langkah monitoring, pemeriksaaan kesehatan dan vaksinasi antraks pada hewan ternak.
PPK Peternakan beserta Penyuluh-penyuluh Pertanian mengatakan, pihaknya telah melakukan penyuluhan tentang penyakit-penyakit hewan dan melakukan vaksinasi missal sejak pekan lalu.
(Y.A.Y)

Previous
Next Post »
Post a comment
Thanks for your comment