Tidak ada yang lebih penting dalam pergaulan umat manusia di dunia ini selain komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan suatu pikiran, gagasan atau ide, atau pesan dari seseorang kepada orang lain. Kita berkewajiban untuk mengupayakan segala cara untuk menggunakan semua alat yang ada agar penyuluhan menjadi efektif. media penyuluhan ini adalah salahsatu media visual yang memaparkan penyuluhan pada komoditi bidang pertanian, perikanan dan kehutanan.

Usaha Tani Pekarangan



Salah satu tujuan pembangunan pertanian adalah menyediakan bahan makanan. Bahan makanan tidak hanya dapat diusahakan pada tanah pertanian yng khusus, melainkan dapat pula diusahakan dipekarangan.
Pekarangan merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan kita se hari-hari karena dapat dijadikan sumber bahan makanan seperti sayur-sayuran, buah-buahan, bumbu masak, obat-obatan, tanaman hias serta ternak dan ikan.
Pekarangan dapat diartikan sebagai sebidang tanah darat yang terletak disekitar rumah yang jelas batas-batasnya dan merupakan  bagian usaha tani  yang apabila diusahakan dengan intensif akan dapat membantu dalam memenuhi kebutuhan gizi serta menambah pendapatan keluarga.
Kelebihan usaha tani dipekarangan :


  • Membutuhkan sedikit tenaga
  • Tidak banyak membutuihkan modal
  • Mudah diawasi
  • Dapat menjaga kelestarian alam. 

dan untuk mengetahui fungsi dan manfaat usaha tani pekarangan, silahkan klik disini, dan untuk lebih menambah pengetahuan mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi penyebaran dan pengembangan usaha tani pekarangan silahkan klik disini.

Salam Tani Pekarangan....!!!!!
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment