Tidak ada yang lebih penting dalam pergaulan umat manusia di dunia ini selain komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan suatu pikiran, gagasan atau ide, atau pesan dari seseorang kepada orang lain. Kita berkewajiban untuk mengupayakan segala cara untuk menggunakan semua alat yang ada agar penyuluhan menjadi efektif. media penyuluhan ini adalah salahsatu media visual yang memaparkan penyuluhan pada komoditi bidang pertanian, perikanan dan kehutanan.

Daging disimpan di Suhu Ruang, jangan terlalu Lama

DIOLUHTAN-suluhtani. Daging dengan teknik penyimpanan yang baik akan terhindar dari kontaminasi bakteri. Faktor higienitas inilah yang kerap luput dari perhatian, baik di rumah tangga juga restoran yang menyediakan ragam olahan daging. Penyimpanan daging yang tepat memengaruhi kualitas, tekstur bahkan citarasanya.
Kesalahan yang kerap dilakukan dalam menyimpan daging adalah membiarkannya tergeletak di suhu ruang dalam waktu lama. Jika ini yang terjadi, daging berisiko terkontaminasi jutaan bakteri.

Jika daging didiamkan dalam suhu ruang selama lebih dari 20 menit, setiap detiknya bakteri bisa membelah. Dalam 20 menit jutaan bakteri terdapat pada daging. Itulah sebabnya daging harus masuk ke dalam chiller karena bakteri tidak akan berkembang biak pada suhu nol derajat dan 100 derajat. Penyimpanan daging yang tidak memerhatikan faktor higienitas turut berkontribusi atas risiko keracunan makanan. Keracunan pangan terjadi pula ketika daging diolah menjadi steak dengan tingkat kematangan medium atau medium well.
Tempat penyimpanan terbaik untuk daging adalah chiller. Penyimpanan dalam chiller tidak membuat daging beku sehingga rasa dan tekstur daging pun tak mengalami perubahan.
Sementara, daging yang disimpan dalam freezer akan beku sehingga teksturnya berubah dan tak bisa kembali seperti semula. Selain perubahan tekstur, citarasa daging yang beku karena disimpan dalam freezer juga akan berubah, kalah lezat dengan daging yang tersimpan baik dalam chiller.
sumber : livestockreview.com

Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment