Tidak ada yang lebih penting dalam pergaulan umat manusia di dunia ini selain komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan suatu pikiran, gagasan atau ide, atau pesan dari seseorang kepada orang lain. Kita berkewajiban untuk mengupayakan segala cara untuk menggunakan semua alat yang ada agar penyuluhan menjadi efektif. media penyuluhan ini adalah salahsatu media visual yang memaparkan penyuluhan pada komoditi bidang pertanian, perikanan dan kehutanan.

Jumlah Kalori dalam Hidangan Lebaran juga perlu Diketahui

DIOLUHTAN-suluhtani. Berbagai macam hidangan saat Lebaran tentu saja menggugah selera makan Anda. Apalagi ada beberapa menu makanan yang memang hanya dapat ditemui saat Lebaran. Anda pasti tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan untuk menyantapnya. Namun sebelum Anda memutuskan untuk mengonsumsinya, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu jumlah kalori dalam makanan-makanan tersebut.
Dengan mengetahui jumlah kalori dalam makanan-makanan tersebut, maka Anda dapat mengetahui cara apa yang dapat Anda lakukan untuk membakar kalori tersebut. Kalori yang tertimbun di dalam tubuh Anda dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Berikut ini hitungan kalori makanan khas Lebaran dan cara untuk membakar kembali kalori yang terdapat di dalamnya.
Opor ayam (per porsi/100 gram)
Dalam satu porsi opor ayam, terdapat 415 kilo kalori. Untuk membakar kalori dalam seporsi opor ayam, Anda harus berlari atau jogging dengan kecepatan sedang selama satu jam.
Coba bayangkan bila dalam sehari Anda menghabiskan dua atau tiga porsi opor ayam, apalagi bila Anda menyantapnya bersama ketupat dan sayur. Semakin banyak opor ayam yang Anda santap, maka semakin lama juga Anda harus berlari untuk membakar kalorinya.
Rendang daging (per porsi/100 gram)
Rendang daging yang Anda santap tanpa nasi mengandung kalori sebanyak 518 kilo kalori per porsinya. Bila Anda menyantap rendang saat Lebaran, Anda harus bersepeda selama 1,5 jam untuk membakar kalorinya. Anda bisa melakukannya bersama seluruh anggota keluarga agar kegiatan bersepeda terasa lebih ringan dan menyenangkan.
Sambal goreng hati (per porsi/100 gram)
Selain opor ayam dan rendang, sambal goreng hati adalah salah satu makanan pendamping yang selalu ada saat Lebaran. Bila Anda mengonsumsinya sebanyak satu porsi atau setara dengan 100 gram, maka akan ada 346 kilo kalori yang masuk ke tubuh Anda. Untuk membakar kalori tersebut, Anda harus melakukan olahraga aerobik selama satu jam.
Sayur lodeh (per porsi/100 gram)
Tidak lengkap rasanya bila mengonsumsi ketupat tanpa sayur pepaya atau sayur lodeh. Dalam satu porsi sayur lodeh terdapat kalori sebanyak 250 kilo kalori. Untuk membakar kalori tersebut Anda dapat berjalan kaki selama 1,5 jam. Berjalan kaki bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan bila dilakukan bersama keluarga. Anda dapat berjalan-jalan di taman atau menikmati pemandangan di kampung halaman Anda.
Semur daging (per porsi/100gram)
Olahan daging yang juga sering disajikan saat Lebaran adalah semur daging. Dalam satu porsi semur daging terdapat 515 kilo kalori. Sama hal nya dengan menyantap rendang, maka Anda harus membakar kalori dalam semur daging dengan bersepeda selama 1,5 jam. Dengan begitu maka Anda tidak perlu khawatir dengan risiko kenaikan berat badan setelah Lebaran.
Meski kalori dalam makanan-makanan tersebut dapat Anda hilangkan dengan berolahraga, bukan berarti Anda dapat menyantapnya sesuka hati Anda. Tetap batasi jumlahnya agar tidak menyebabkan gangguan kesehatan pada tubuh Anda seperti kolesterol, hipertensi, dan asam urat.
Sumber : www.1health.id
Editor: Y.A.Yahya
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment