#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Senyum Petani, Limousin Lahir dari Induk Lokal Miliknya

DIOLUHTAN-suluhtani. Sulsel. Inseminasi buatan (IB) sapi jenis limousine dan simental, sudah menjadi tren bagi peternak sapi di Kec. Palakka, Kab. Bone, Sulsel. “Peternak sapi termasuk saya memilih bibit tersebut, karena percaya bibit tersebut yang terbaik. Di sisi lain, punya harga pasar yang tinggi, selalu diminati,” kata Dg. Mangkulle, peternak asal Desa Panyili yang mengaku ternak-ternak sapinya sudah menjadi akseptor IB.
Senyum Dg. Mangkulle (Kanan) didampingi Inseminator berpose dengan Sapi Limousin yang baru lahir

Sapi jenis limousine kembali lahir di Desa Panyili, Kec. Palakka, Tampak kegembiraan dipancarkan oleh pemilik sapi Dg. Mangkulle begitupula dengan Inseminator, Andi Sepalawan, SPt yang juga penyuluh pertanian sektor peternakan BP4K Kab. Bone.
Andi Sepalawan ketika dikonfirmasi mengucapkan rasa syukur dan berkata Ketika hasil dari suatu proses berjalan sesuai dengan yang diharapkan maka tidak ada salahnya kita berbahagia karenanya dan akhirnya kulihat lagi senyum seperti ini (senyuman petani)“ paparnya
Beliau lanjut mengatakan bahwa IB pada ternak sapi, bertujuan untuk memperbaiki genetik mutu sapi. Dan itu sudah terlihat pada peternak sapi di panyili tersebut. Petugas dalam melaksanakan IB sapi, tidak hanya melaksanakan tugas IB berdasarkan permintaan peternak, tetapi juga melaksakan sosialisasi terhadap kesehatan ternak.
Penyuluh Pertanian (tengah) yang merangkap Inseminator memperlihatkan Sapi hasil IB

Hal ini sesuai dengan program Bupati Bone melalui Dinas Peternakan Kab. Bone. “Pak Kadis Peternakan mengandalkan kegiatan ini dan beliau selalu mengingatkan bahwa dengan semangat kerja yang giat, ditunjang dengan motto pelayanan IB di Kab. Bone yaitu satu semen beku untuk satu anak sapi. Dan kami siap melayani sapi yang birahi, kami datang, sapi bunting” ujar Sepalawan mengulang slogan IB Dinas Peternakan Kab. Bone.
Source : Y.A. Yahya
Previous
Next Post »
Post a comment
Thanks for your comment