#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Manajemen Pengolahan Bambu, Di Bogor Ada Sepeda Unik Berbahan Bambu

DIOLUHTAN-Bogor. Rumah bambu Jatnika di Bogor berhasil menciptakan sepeda dengan bahan bambu. Di rumah Bambu Jatnika yang berlokasi di Jalan Sarikaya RT 7/12, Kelurahan Sukahati, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor ini Jatnika memodifikasi sepeda menggunakan bambu yang ramai lingkungan.
Ditempat ini, Jatnika menciptakan sepeda yang bahan dasarnya bambu sebagai material yang kuat dengan daya tarik yang melebihi baja sekalipun. "Bambu mampu menggantikan peran kayu untuk aplikasi apapun, bahkan bambu bisa dibuat menjadi sepeda oleh tangan para seniman bambu," ujar Jatnika
Berbagai jenis sepeda dibuat oleh tangan terampil para seniman bambu dibawah asuhan Yayasan Pengrajin Bambu Indonesia.

TribunnewsBogor.com/Damanhuri
Kegiatan ini dimotori Jatnika sebagai Ketua Paguyuban Sepeda Bambu. "Sepeda bambu awalnya dibuat di negara Prancis. Tapi saya tidak mau kalah," katanya.
Sebab katanya, Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam seperti Bambu. "Di Indonesia banyak berbagai jenis bambu, kita jangan sampai kalah dengan negara lain," ujarnya.
Harga Termurahnya Rp 7,5 Juta
Sepeda Bambu dari Bogor memilki kekuatan fleksibilitas material melebihi baja. "Bambu yang kami pakai bukan bambu sembarangan, sepeda yang kami buat sudah pernah di uji kekuatannya," kata Jatnika, Ketua Paguyuban Sepeda Bambu.
Sepeda hasil kreatifias seniman Paguyuban Sepeda Bambu Jatnika ini bisa dijadikan solusi bagi anda pencinta lingkungan. Sepeda bambu ini melalui proses panjang, sampai berbulan-bulan untuk membuat satu batang sepeda.
Tak heran, harga yang ditawatkan pun cukup bervariasi, mulai Rp 7,5 juta sampai dengan Rp 25 juta per frame sepeda. Jatnika mengatakan, bambu yang digunakan berjenis bambu tali yang berumur 50 tahun yang tumbuh di daerah bebatuan.
Paguyuban Sepeda Bambu Jatnika ini berlokasi di Jalan Sarikaya RT7/12 Kelurahan Sukahati, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. "Indonesia banyak berbagai jenis bambu, kita jangan sampai kalah dengan negara lain," ujarnya.
Sumber : www.bogor.tribunnews.com/2015/10/22/uniknya-sepeda-bambu-dari-bogor-ini
Previous
Next Post »
Post a comment
Thanks for your comment