#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Evaluasi Kinerja, Penyuluh Verifikasi Kelembagaan Petani

DIOLUHTAN. Bone-Sulsel. Pengorganisasian pelaksanaan kegiatan penyuluhan pertanian di tingkat pedesaan terpusat pada Balai Penyuluhan Kecamatan (BPK) sebagai sebagai tempat bagi petani untuk mengakses informasi teknologi dan home base para penyuluh yang bertugas menyelenggarakan penyusunan programa dan kegiatan penyuluhan bagi keluarga tani agar bertani lebih produktif, berusaha tani yang lebih menguntungkan dan hidup yang lebih sejahtera.
 Pos penyuluhan desa (posluhdes) sebagai salah satu wadah  dan sarana bagi petani dan kelompok tani di desa melakukan identifikasi potensi wilayah dan data kelembagaan petani dari masing-masing petani/klp. tani, agar diperoleh suatu hasil gambaran keadaan baik dari sumber daya manusia, sumber daya alam, sumber daya ekonomi, dan sumber daya sosial yang ada.

Saat melakukan pendampingan pengisian data kelembangaan petani untuk evaluasi kinerja penyuluhan (Jum’at, 09/10/2015), Penyuluh Pertanian Desa Mattirowalie menjelaskan kepada ketua-ketua kelompok tani, tokoh masyarakat serta aparat desa bahwa tujuan pendataan ini yaitu mendorong masyarakat di suatu wilayah untuk turut serta meningkatkan dan menganalisis pengetahuan mereka mengenai hidup dan kondisi mereka sendiri, serta lembaga mereka agar mereka dapat membuat rencana dan tindakan sesuai yang dibutuhkan dalam mengelola usaha pertaniannya.

Muh. Amin, Ketua Klp. Tani Pajalele, Desa Mattirowalie sangat mengapresiasi kegiatan pendataan ini ini karena hasil pendataan ini bisa memberikan gambaran keadaan baik dari sumber daya manusia, sumber daya ekonomi, dan sumber daya sosial yang ada. “masyarakat petani bisa lebih tahu tentang kelembagaan dan kondisi mereka, baik itu bidang tanaman pangan, peternakan, perkebunan maupun kehutanan “ ujarnya saat pengisian biodata kelompok.
(Yusran A. Yahya)
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment