#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Metode mudah tentukan umur kebuntingan pada Ternak Betina

Beberapa patokan penentuan umur kebuntingan dapat di catat sesuai dengan umur kebuntingan antara lain ukuran dan posisi uterus (cornua), ketegangan dan konsistensi dinding uterus, f1uktuasi untuk kebuntingan muda, fremitus dan f1uktuasi pada kebuntingan menengah serta ukuran diameter placentoma dan ukuran dan posisi kepala fetus pada kebuntingan tua. Disamping itu masih banyak kriteria lain yang dapat digunakan secara hati-hati seperti fetal selip dan selip membran fetal yaitu menjepit corma bunting dengan hati-hati merasakan selaput fetus alantochorion, menyelip diantara jari-jari sebelum dinding uterus lepas. Setiap orang dapat mengembangkan patokan-patokan tertentu sesuai dengan pengalamannya.
Pada kasus dimana kita tidak menemukan organ reproduksi pada pinggir crainial lantai pelvis dan kita menarik tangan menelusuri lantai pelvis, biasanya tangan kita langsung tersangkut pada cornua uteri. Kita dapat langsung menelusuri satu persatu cornua uteri tersebut secara teliti, kita harus yakin bahwa kedua cornua masih benar­benar simetris dan tidak terdapat perbedaan ketegangan sebelum menyimpulkan bahwa ternak tersebut tidak bunting.

Apabila kita sulit meraba kedua cornua uteri, mundurkan tangan dan angkat bagian ujung dalam cervixs atau pangkal corpus uteri sehingga saluran reproduksi membentuk kurva S. Dengan perlahan-lahan masukan ibu jari ke cela diantara dua cornua (bifurcatio) sedangkan ke empat jari lainnya menelusuri cornua uteri bagian kiri, setelah itu pindahkan ibu jari dan jari lainnya ke cornua kanan dan telusuri dengan teliti. Pastikan apakah terdapat perbedaan ukuran, ketegangan dan fluktuasi diantara kedua cornua tersebut. Untuk lebih jelasnya berikut adalah Kriteria yang digunakan untuk penentuan umur kebuntingan. 
Demikianlah berapa kriteria yang dapat digunakan dalam menentukan kebuntingan ternak besar pada umur tertentu. Namun apabila masih merasa ragu dalam menentukan umur kebuntingannya karena berbagai tingkat kesulitan dalam PKB maka perlu mencari informasi sebanyak mungkin tentang waktu kawin dan kasus-kasus reproduksi lainnya dari pemilik ternak. (terutama yang mengamati ternak tersebut) sehingga dapat menunjang penentuan status kebuntingan. 
Pelaksanaan PKB yang sering akan memberikan pengalaman yang lebih baik dan terampil serta semakin mudah menentukan umur kebuntingan pada seekor ternak betina oleh seorang petugas PKB.
Previous
Next Post »
Post a comment
Thanks for your comment