Tidak ada yang lebih penting dalam pergaulan umat manusia di dunia ini selain komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan suatu pikiran, gagasan atau ide, atau pesan dari seseorang kepada orang lain. Kita berkewajiban untuk mengupayakan segala cara untuk menggunakan semua alat yang ada agar penyuluhan menjadi efektif. media penyuluhan ini adalah salahsatu media visual yang memaparkan penyuluhan pada komoditi bidang pertanian, perikanan dan kehutanan.

Data serta Fakta ternak Sapi di Indonesia



Di Tanah Air, ada lebih dari 98% ternak dikuasai oleh 6.5 juta peternak kecil dengan skala kepemilikan 2-3 ekor per peternak. Ternak dipelihara di belakang rumah dan peternak memberi makan di sisa waktunya setelah usaha pokoknya selesai. Hanya kurang dari 2% sapi ternakan dikuasai perusahan ternak besar di Indonesia. Yang dipelihara pun sapi bakalan dari Australia.
Sejak November 2012 lalu, harga daging sapi naik hingga menembus angka di atas Rp.100.000 per kg. Padahal, harga yang wajar menurut beberapa peternak adalah Rp 75.000 per kg. Berdasarkan harga itu,sangat jelas konsumen di Indonesia paling dirugikan. Idealnya konsumen membeli daging dengan harga murah, tetapi peternak tetap untung.

Kalau membuat harga daging murah dengan bebas membuka keran impor daging dari Australia, peternak yang buntung seperti kejadian pada tahun 2009 dan 2010. Jadi itu cara yang tidak pas. Perlu dicari solusi agar terjadi keseimbangan yang menguntungkan peternak sebagai produsen dan konsumen.
                                                                                                               sumber: mul4dn0 | editor: soeparno
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment