#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Penyakit Bintik Putih pada Mata Bebek

Inilah penyakit yang bikin heboh peternakan bebek pedaging dan petelur di daerah Jawa Timur yang sekarang sudah menjalar ke wilayah Sukoharjo makmur, Boyolali, balik ke timur lagi dan sekarang wilayah Klaten yang di obrak abrik, ndiyancokk…….

Tingkat virulensi serangan yang supersonic kecepatannya, membuat peternak kalang kabut di buatnya. Sudah tak terhitung berapa besar biaya yang terkuras untuk berupaya menangkal dan mencegah sekaligus memberangus penyakit ini, tapi semua itu sia sia.

Tingkat kematian tidak bisa di katakan rendah, 1000 ekor, 5000 ekor hingga yang kapasitas 7500 ekor sudah banyak yang menjadi bangkai. Biaya pengobatan berjuta juta sudah tidak digagas diperhitungkan lagi. Pakan makin mahal, obat mahal, harga telur yang ngdrop lama ,malah sekarang di hajar penyakit yang kemungkinan White Eye, Avian Leukosis complek, atau malah Marek yang saya belum bisa memastikan penyakit yang mana yang sedang menyerang.

Soale saya belum secara langsung mengunjungi kandang ternak yang terserang dan belum melihat bebeknya secara langsung . Tapi mendengar dari keterangan teman teman, penyakitnya menjurus ke tiga penyakit di atas. Tapi prediksi saya condong ke White Eye atau Mata Memutih.

DIAGNOSA PENYAKIT

Bebek lemas, tidak nafsu makan, sayap menggantung, bulu kering, dan kotoran berwarna putih encer lalu terjadi kelumpuhan, warna mata menjadi kelabu jika sudah kronis terjadi kebutaan total. Dengan cirri seperti itu mengarah ke penyakit Marek dan Avian Leukosis Compleks.

Sedang cirri khas penyakit selanjutnya bebek mengeluarkan cairan keputihan bening pada mata, jika sudah terbentuk titik putih pada mata, mata Nampak keputihan akhirnya menjadi buta, bebek menabrak kesana kemari, sulit bernapas, lemah dan akhirnya lumpuh. Saat akan mati hampir pasti bebek bebek ini mengalami kejang kejang, langsung mati. Ini mengarah ke penyakit White Eye atau Mata Memutih.

PENGOBATAN

Metode pengobatan yang saya terapkan perpaduan sinergis antara ramuan herbal dan antibiotika bikinan pabrik, effek penyembuhan lebih cepat di bandingkan seandainya ramuan hebal dan antibiotika di pakai terpisah, pengalaman pribadi. Pendapat ini boleh di sangkal, jika ramuan herbal probiotik dan antibiotika pabrik apa mungkin bisa bersinergis ? Saya ndak akan berpolemik, mubazir, sia sia, boros kata kata… energy kok Cuma buat bertengkar… percuma. Yang saya lihat hanya pada effek penyembuhan saja, kalau Herbal Top dan Probiotik Top dan Antibiotika pabrik di satukan padu bisa mempercepat penyembuhan, maka info ini akan selalu saya sebarkan ke peternak Indonesia, tidak perduli anjing menggongong, kafilah akan selalu Istiqomah.

1. Buat ramuan Herbal Top :

Kunyit kunir 2 ons
Temulawak 2 ons
Brotowali 2 ons

Daun Sirih termasuk gagangnya 2 ons, beri air segar 5 liter masak sampai mendidih, lalu turunkan tunggu dingin. Untuk lebih jelas tentang Herbal Top buka blog : bumiternak-betha.blogspot.com

dalam sub judul “ Herbal Top penghancur segala penyakit “

2. Buat Probiotik Top, bahannya apa buka juga di blog,bumiternak-betha.blogspot.com dalam sub judul “ Reaktor Digester Probiotik “ cari sendiri ya…..

dosis anjuran Probiotik Top :

Standart : 5-10 ml/ liter air minum/kg pakan
Istimewa : 15-20 ml/liter airminum/kg pakan
Exstrem : 30-40 ml/liter air minum/kg pakan

3. Antibiotika Oxytetracycline dan Cholrtetracyclinebisa memilih brand pabrik Terramycin, Neo Meditril atau Amoxitin, pilih salah satu

4.Feed Supllement branded pabrik Aminovit



APLIKASI PENGOBATAN

Dosis yang saya paparkan di bawah ini untuk kapasitas 500 ekor bebek :

Ramuan masakan Herbal Top yang sudah dingin sebanyak 5 liter, tempatkan pada ember besar kapasitas 30-50 liter air. Lalu tambahkan Probiotik Top pakai dosis Exstrem 0,8 atau bulatkan saja

1 liter probiotik top. Tambahkan Antibiotika yang di pilih pakai dosis pengobatan seperti yang tercantum dalam kemasan dan masukan juga supplement Aminovit sesuai dosis di kemasan. Lantas tambahkan air segar 14 liter ,berikan sore hari untuk 500 ekor bebek

Hal seperti di atas di ulang selama 7 hari terus menerus, amati perkembangan yang terjadi, jika menunjukan kea rah penyembuhan selanjutnya 7 hari lagi ke depan herbal top dan probiotik top tetap di dosis yang sama sedang antibiotika dan supplement dengan dosis pencegahan.

semoga cepat sembuh…. Sebab sudah ada sebagian laporan dari peternak yang bebeknya terserang penyakit sudah menunjukan kearah kesembuhan.

selamat mencoba…….


Sumber : bumiternak-betha.blogspot.com
 
Previous
Next Post »
Post a comment
Thanks for your comment