#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Manajemen Tata Letak Pekarangan



Tata letak pekarangan yang merupakan usaha tani terpadu dengan produksi yang memadai dalam memanfaatkan daur hara secara alami dapat dilaksanakan dengan Alley cropping. Dalam sistim ini  tanaman dibagi dalam etase-etase. Tanaman untuk etase 1 lebih tinggi dari daripada etase berikutnya

A.   Penempatan tanaman pekarangan
1.            halaman depan
pada bagian muka pekrangan sebaiknya ditanami tanaman yang dapat memberikan kesan indah, misalnya dengan tanamn sayuran dan buah-buahan yang diatur penanamannya menuruit tinggi rendahnya tanaman dan warna daunnya.. Tanaman yang tinggi sebnaiknya ditanam agak ketepi halaman agar tidak menghalani cahaya matahari.
2.            halaman samping
Pada halaman samping timur sebaiknya tidak ditanami pohon yang tinggi dan rimbun agar sinar matahari dapat leluasa masuk kedalam rumah.  Yang sesuai adalah tanaman sayuran dan tanaman obat.

3.            halaman belakang
pada halaman belakang sebaiknya ditanamai tanaman yang dibutuhkan sehari-hari dan yang memerlukan perhatian khusus serta mempunyai nilai ekonomi tinggi
4.            dalam pot
pengembangan tanaman dalam pot dapat dilakukan apabila luas lahan pekarangan yang tersedia tidak mencukupi. Disamping itu penanaman sayuran dengan sistim hidroponik juga dapat dibudidayakan.
5.            sebagai pagar
Sebagai batas halaman sebaiknya ditanami tanaman pagar hidup yang mempunyai percabangan banyak dan berdaun lebat, juga tahan pemangkasan serta bermanfaat misalnya beluntas, mangkokan dsb.
6.            jalan desa
penghijaun jlan desa dapat digalakkan dengan tanaman buah-buahan seperti jambu biji, jambu air, mangga dsb
B. Ternak dan ikan
1. Kandang
Untuk memelihara ternak sebaiknya dibuat agak jauh dari rumah, misalnya ditepi belakang halaman. Bangunan kandang harus dibuat sedemikian rupa sehingga cukup sinar matahari dan udara segar. Didekat kandang harus dibuat tempat membuang sampah dan kotoran hewan yang sekaligis dapat dipakai untuk persediaan pupuk kandang.
2.  Kolam ikan.
Pembuatan kolam ikan tergantung pada persediaan air dan penempatannya dibagian belakang sisi rumah

Previous
Next Post »
Post a comment
Thanks for your comment