#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Kabupaten Bone peroleh Piala Adi Praja Satwa Sewaka

DIOLUHTAN. Kabupaten Bone berhasil mendapatkan penghargaan atas keberhasilannya pada pembangunan di bidang peternakan. Penyerahan piala Adi Praja Satwa Sewaka itu diberikan langsung Menteri Pertanian RI, Dr Ir Suswono MMA, di Nusa Dua, Bali, Rabu,  5 Juni 2013.
Kepala Hubungan Masyarakat (Humas) Pemerintah  Kabupaten (Pemkab) Bone,  Bakhtiar didampingi oleh slah seorang Penyuluh Peternakan Yusran A. Yahya, SPt, MSi, mengatakan, penghargaan itu hanya diterima tiga kabupaten/kota di Indonesia, yaitu Kabupaten Bone,  Lampung Selatan, dan Sumbawa.
Menurut dia, Bupati Bone, Andi Fahsar M Padjalangi menerima langsung piala penghargaan pembangunan di bidang peternakan itu yang diserahkan langsung oleh Menteri Pertanian RI. Selain itu,  Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Bone, Drh Aris Handono,  mendapatkan piagam.
Menurut Bupati Bone, kata Bakhtiar, apa yang diperoleh Pemkab Bone tersebut harus diapresiasi dan diharapkan menjadi potensi daerah dalam menyejahterakan masyarakat di daerah ini.
Wakil Bupati Bone, Ambo Dalle mengatakan, Kabupaten Bone yang mendapatkan penghargaan pembangunan di bidang peternakan memang kabupaten pantas untuk mendapatkannya, karena populasi ternak khususnya sapi di Sulsel merupakan  yang terbesar.
Ke depannya, kata Ambo Dalle, pemerintah daerah  guna meningkatkan populasi dan kualitas mutu genetik ternak sapi di Kabupaten Bone, akan melakukan Inseminasi Buatan (IB) atau kawin suntik ke hewan ternak sapi milik warga.
Sebelumnya, Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Bone, drh Aris Handono mengatakan, populasi ternak di Kabupaten Bone bertumbuh enam persen per tahun. Dia merinci, dari data akhir di bulan Desember 2011 lalu, total ternak sapi di Kabupaten Bone berkisar  284.441 ekor.
Data terakhir hingga November 2012 lalu, berkisar 304, 140 ekor. Setiap tahun populasi peternakan di Kabupaten Bone tumbuh 6 persen. drh. Aris mengungkapkan, Kabupaten Bone merupakan  salah satu kabupaten pemasok ternak terbesar ke-4 di Indonesia. Apalagi didukung dengan populasi peternakan di Kabupaten Bone yang setiap tahunnya semakin meningkat. 
(Yusran A. Yahya)
Previous
Next Post »
Post a comment
Thanks for your comment