#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Ayam Kampung yang Sehat dilihat dari FISIKnya

Ayam sehat dapat diketahui dengan ciri-ciri fisik atau bagian tubuh ayam kampung tersebut.(baca pula ayam kampung yg sehat dilihat dari segi Psikis) Kami Diorama Penyuluhan Pertanian berusaha mengulasnya sebagai berikut :

a. Mata
Bagian mata merupakan bagian penting untuk kelangsungan hidupnya. Mata yang terganggu dapat menyebabkan ayam susah beraktifitas sehingga pertumbuhan sudah pasti terhambat. Ciri mata yang sehat adalah bening, terlihat bulat penuh, tidak merah namun putih, sekitar pelipis merah bukan biru, serta jika dipegang lehernya mata tidak menutup. Serta paling penting adalah tidak ada benjolan di sekitar mata
b. Jengger
Jengger, pial dan bagian tubuh lain sekitar kepala terlihat merah membara. Jika jengger dan kepala sudah berubah warna menjadi kuning maka dipastikan ayam mengalami gangguan. Apalagi sampai berwarna kebiruan pucat. Jelas tanda ayam tersebut terserang penyakit. Untuk bagian kepala ayam sehat akan menjulurkan leher dan kepalanya, bukan sebaliknya melipat seperti menyembunyikan di atas sayapnya.
c. Hidung dan mulut
Hidung yang tersumbat, berair dan kotor seperti debu, tanah, bahkan sisa-sisa makanan dipastikan saluran pernapasannya terganggu. Sudah pasti ayam ini tidak sehat. Pada mulut bisanya tidak terlihat mengaga sementara bila dibuka maka rongga mulut akan tidak terlihat kotor atau berwarna gelap.
d. Bulu
Bulu ayam yang sehat akan tertata rapi, tidak mengembang, tidak pecah-pecah, dan jika diraba akan terasa kesat dan tebal. Pemeliharaan yang kurang tepat mungkin ini terjadi pada ayam yang sehat. Untuk itu bagian bulu kurang dijadikan pedoman untuk mengetahui tanda ayam yang sehat.
e. Kaki
Ayam yang sehat biasanya kuning, putih atau hitam pekat (tergantung jenis kakinya). Ayam yang tidak sehat diawali pula dengan berubahnya warna kaki yang semula kuning menjadi kehijauan, kebiruan dll. Ini dikarenakan kaki ayam sensitif terhadap kelembaban air meski di suhu normal.  Untuk yang paling sulit adalah yang berwarna hitam. Itu baru segi warna, ayam yang sehat kakinya tegak (tidak ditekuk) dan pada jari biasanya rata. Jika terlihat jari seperti kacang yaitu jari kaki bergelombang tidak rata maka ayam sedikit terganggu.
f. Kloaka
Kloaka atau anus pada ayam biasanya dijadikan pedoman pengecekan ayam yang sehat. Ayam sehat tidak akan ada sisa kotoran yang menempel di anus. Untuk itu pengecekan anus untuk mengetahui ayam yang sehat adalah bagian yang termudah. Biasanya sering terjadi pada cara pemeliharaan DOC kurang tepat.
Previous
Next Post »
Post a comment
Thanks for your comment