#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Bulukumba Luncurkan Varietas Manggis Lotan



Buah manggis yang diproduksi dan dihasilkan dari petani Bulukumba, tepatnya di Tanete Kecamatan Bulukumpa resmi diluncurkan atas adanya pengakuan dan sertifikasi dari Kementerian Pertanian (Kementan) RI. Buah manggis asal Bulukumba inibernama Manggis Lotan (Lokal Tanete). Dengan disertifikasinya manggis Lotan tersebut maka varietas manggis ini segera diluncurkan dipasaran dan akan dilakukan pengembangan budidaya dan produksi yang lebih besar lagi. Lotan adalah varietas keempat yang dilepas oleh Kementerian Pertanian setelah varietas manggis yang ada saat ini, yakni Kalagesing Waniyasa dan Cemani. Tanda pelepasan varietas Manggis Lotan ini melalui Surat Keputusan Mentan Nomor. 3445/Kpts/SR.120/10/2012.

Bupati Bulukumba yang diwakili oleh Asisten III Hj.Krg.Suginna menyampaikan dalam sambutannya bahwa atas sertifikasi manggis Lotan tersebut maka menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Bulukumba oleh karena telah memiliki varietas unggul yang telah diakui oleh Kementerian Pertanian.
“Saya kira ini langkah maju yang perlu ditingkatkan oleh karena Bulukumba  memang memiliki potensi sumber daya alam dan iklim yang baik untuk pengembangan beranekaragam komoditas tanaman dan buah,” imbuhnya.
Acara seremoni pelepasan komoditas Manggis Lotan ini dilaksanakan oleh Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura dengan mengundang puluhan petani manggis serta dihadiri oleh Kepala Balai Penelitian Sertifikasi Buah (BPSB) Provinsi Sulawesi Selatan, Arif Nasution di halaman kantor Dinas Pertanian TPH, Selasa (13/11). Menurut Arif Nasution varietas manggis Lotan adalah varietas buah unggulan ke 17 yang dimiliki oleh Provinsi Sulawesi Selatan.
Kepala Dinas Pertanian TPH, Ir. Harun mengatakan manggis Lotan sangat banyak ditanam petani karena areal lahan kebun manggis Lotan di Bulukumba cukup luas sehingga dipastikan dapat menjadi daerah produsen setelah mendapat pengakuan dari peme­rintah pusat. Dengan begitu ke depan, Bulukumba akan menjadi pusat sumber benih buah manggis Lotan.
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment