Tidak ada yang lebih penting dalam pergaulan umat manusia di dunia ini selain komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan suatu pikiran, gagasan atau ide, atau pesan dari seseorang kepada orang lain. Kita berkewajiban untuk mengupayakan segala cara untuk menggunakan semua alat yang ada agar penyuluhan menjadi efektif. media penyuluhan ini adalah salahsatu media visual yang memaparkan penyuluhan pada komoditi bidang pertanian, perikanan dan kehutanan.

Sekilas Asosiasi Petani.............


Asosiasi Petani

Dalam melakukan transfer informasi dan teknologi, asosiasi petani belum begitu berperan. Alasan yang mereka ungkapkan mengapa peran tersebut belum berjalan dengan baik yaitu karena adanya keterbatasan SDM yang dimiliki, yaitu keterbatasan dalam hal pengetahuan dan ketrampilan serta keterbatasan informasi pasar yang dimiliki.Tetapi didalam perjalanan nya, lembaga tersebut mengalami kendala antara lain:
(1) keterbatasan modal untuk membeli hasil yang diproduksi petani, (2) memiliki SDM yang masih kurang memadai (terutama dari segi pengetahuan dan ketrampilan dalam memanajemen koperasi yang profesional) dan juga kemampuan men cari pasar baru, serta kemampuan dalam melakukan pengolahan hasol untuk meningkatkan nilai tambah produk yang dibeli dari petani
(3) belum dapat membeli hasil produksi dari anggota dengan harga beli minimal sama dengan harga beli dari para pedagang pengumpul.


Pesan asosiasi petani dalam mengembangkan usaha adalah: 
(1) menampung hasil dari para anggota, 
(2) memasarkan hasil produk yang dikumpulkan dari anggota, 
(3) mencari pasar atau mitra usaha, 
(4) melakukan transfer informasi pasar maupun teknologi.
Untuk melaksanakan perannya tersebut masih terdapat beberapa kendala, dan kendala-kendala tersebut antara lain: 
(1) keterbatasan  modal  untuk   menampung   hasil produksi dari anggota, 
(2) keterbatasan pengetahuan   dalam   melaku kan manajemen keuangan, 
(3) keterbatasan informasi teknologi dan pasar (terutama dalam informasi supply dan demand dari produk yang mereka pasarkan) hal ini dapat menyebabkan kurang mampunya mereka melakukan tawar menawar dengan pembeli, dan 
(4) masih belum kontinyunya mutu dan jumlah dari produk yang dihasilkan anggota, dan hal inilah yang menyebabkan harga produk yang mereka jual menjadi rendah serta mundurnya pihak mitra usaha.

          Dalam melakukan transfer informasi dan teknologi, aosiasi petani belum begitu berperan. Alasan yang mereka ungkapkan mengapa peran ter sebut belum berjalan dengan baik yaitu karena adanya keterbatasan SDM yang dimiliki, yaitu keterbatasan dalam hal pengetahuan dan ketrampilan serta keterbatasan informasi pasar yang dimiliki.Tetapi didalam perjalanan nya, lembaga tersebut mengalami kendala antara lain: 
(1) keterbatasan mo dal untuk membeli hasil yang diproduksi petani, 
(2) memiliki SDM yang masih kurang memadai (terutama dari segi pengetahuan dan ketrampilan dalam memanajemen koperasi yang profesional) dan juga kemampuan men cari pasar baru, serta kemampuan dalam melakukan pengolahan hasol untuk meningkatkan nilai tambah produk yang dibeli dari petani, dan 
(3) belum dapat membeli hasil produksi dari anggota dengan harga beli minimal sama dengan harga beli dari para pedagang pengumpul.





Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment