#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Pemanfaat limbah Jerami sbg Bahan Pakan Ruminansia

Saudara-saudaraku  yang tercinta, mohon perkenan kami Diorama Penyuluhan Pertanian untuk sharing/berbagi informasi tentang ransum ternak ruminansia...
 
Jika Anda memperhatikan persawahan kita sangat banyak memproduksi jerami dalam setiap musimnya. Sebagian besar kita tidak memanfaatkannya dan membiarkannya terbuang percuma bahkan dengan sengaja dibakar dengan dalih untuk kebersihan lahan.

Menurut sebuah sumber dari rekan kami, menjelas kan :
Potensi panen jerami adalah 1,4 kali dari hasil panen padi (Kim&Dale-2004). Sehingga jika panen padi 8 ton gabah akan diperoleh jerami sebanyak 11,2 ton jika setahun panen padi dua kali potensi jerami ada 22,4 ton, jika selama 10 tahun, 2240 ton jerami, wow, fantastis....!

Maka hal yang saya sarankan adalah :

1. Mengumpulkan jerami selapis demi selapis. Dan setiap lapisan setebal 25 s.d. 50 cm dilakukan penambahan bahan RAGI TAPE JERAMI.

2. Semprotkan larutan air, tetes tebu dan Ragi Tape Jerami (dapatkan infornya dalam katalog produk RAGI TAPE JERAMI)
Demikian terus hingga tertumpuk tinggi dan biarkan sampai melapuk.
Silase siap diberikan !

3. Selain penambahan Silase tersebut, Anda bisa menyertakan dalam minuman Ternak Anda minuman-minuman yang baik. Bahan yang bisa menambah nafsu makan ternak Anda, juga menyuplai nutrisi-nutrisi bermanfaat sehingga Domba Anda akan tumbuh dan menghasilkan.
Demikian, semoga bermanfaat.
 
"dari beberapa sumber"
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment