#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Gerak Cepat BPP Patimpeng, Kendalikan OPT Dengan Gerdal

DIOLUHTAN-suluhtani. Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Patimpeng, yang di nahkodai Andi Elya Azis, SPt bekerjasama dengan Petugas POPT Kec. Patimpeng menunjukkan kepeduliannya terhadap masyarakat terutama petani yang juga terdampak Covid-19 melalui kegiatan dalam bentuk Gerakan Pengendalian (Gerdal) terhadap serangan Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) utamanya pada tanaman padi. "Segala upaya dan tindakan untuk mencegah penurunan produksi padi menjadi prioritas BPP Patimpeng disaat pandemi, salah satunya kegiatan gerdal yang dibantu oleh petugas POPT ", ujar Elya, Koordinator Penyuluh (Korluh) BPP Patimpeng, mengawali  kegiatan gerdal OPT padi di Desa Batulappa, Kec. Patimpeng, Kab. Bone, Sulawesi Selatan (Sabtu, 03/07/2021).

Korluh BPP Patimpeng (Kanan) dan POPT sedang Memperagakan Pencampuran dan Takaran Dosis Pestisida

Gerdal OPT padi dilakukan di Kelompok Tani Samaenre dan Kelompok Tani Maroangin, Desa Batulappa, Kec. Patimpeng, dengan fokus pengendalian OPT Blast yang memang sering meresahkan petani padi di Kecamatan Patimpeng. Gerdal dipimpin langsung oleh Korluh BPP Patimpeng dan POPT Patimpeng, Ahmady.

Kondisi pertanaman padi yang dilakukan dalam Gerdal ini berumur 35 – 40 HST (hari setelah tanam) dengan areal seluas 10 ha dan varietas padi berjenis Ciherang. Menurut hasil pengamatan petugas POPT Kec. Patimpeng, Ahmady, ditemukan populasi padi yang terserang Blast. “Dari pengamatan saya dilapangan Blast masih dalam taraf dapat dikendalikan, sehingga perlu secepatnya dilakukan pengendalian, seperti kegiatan Gerdal hari ini”, ucap Ahmady.




Korluh BPP Patimpeng, lanjut menjelaskan bahwa Gerdal dilakukan guna mengantisipasi serangan Blast yang bisa berbahaya jika tidak segera dikendalikan dan bisa mengakibatkan puso. "Gerdal OPT padi ini merupakan langkah antisipatif yang melibatkan petani. Gerdal tidak harus menunggu serangan besar-besaran tapi juga bisa secara preventif”, ujar Elya

Elya pun menegaskan dukungannya dalam pengawalan pertanaman padi dari serangan OPT. "Kami dan para penyuluh di tingkat Desa dan petugas POPT selalu bersinergi secara bersama sama mengawal pengamanan produksi padi dari serangan OPT hingga panen", ungkapnya.

Pernyataan Andi Elya Azis tersebut sejalan dengan arahan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) bahwa semua jajaran termasuk ditingkat Kecamatan dan Desa terus mengawal dan menuntaskan permasalahan pertanian seperti serangan OPT Blast saat ini dengan memaksimalkan kegiatan perlindungan tanaman untuk menjaga dan mengamankan produksi pangan nasional.

POPT bersama Korluh BPP Patimpeng memimpin Gerdal OPT di Desa Batulappa, Kec. Patimpeng, Kab. Bone (Sabtu, 03 Juli 2021)

Turut hadir dalam kegiatan ini selain Korluh BPP Patimpeng dan POPT Patimpeng juga hadir Penyuluh Wibi Batulappa, Hj. Suriati dan beberapa penyuluh pertanian swadaya lainnya beserta puluhan petani dengan alat penyemprotan masing-masing. Gerdal dilaksanakan mulai pukul 07.00 WITA sampai dengan 09.00 WITA. “Setelah kegiatan ini, kami akan langsung menuju wilayah Bone bagian utara, tepatnya di Desa Lanca, Kecamatan Tellu Siattinge untuk menghadiri acara Panen Perdana Jagung Hibrida yang dihadiri langsung oleh Bapak Menteri Pertanian” tutup Elya.

Andi Elya/Yoush (Tim Cyber Patimpeng)

Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment