#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Amankan Produksi Pangan, BPP Patimpeng dan POPT Lakukan Gerdal OPT

DIOLUHTAN-suluhtani. Gerakan Pengendalian (Gerdal) Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) secara massal merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan oleh Kelompok Tani di wilayah binaan BPP Patimpeng. Gerdal OPT ini dilakukan mengakomodir rekomendasi pengendalian dari petugas POPT wilayah Kecamatan Patimpeng. Kegiatan ini diikuti oleh puluhan anggota kelompok tani (poktan) Pakkita, Desa Latellang dan masyarakat sekitar (Senin, 05/07/2021)

Korluh BPP Patimpeng, POPT, Penyuluh Pertanian berfoto bersama sebelum Gerdal OPT dilakukan (Senin, 05/07/2021)


Usahatani padi yang intensif terkadang memicu berbagai serangan hama dan penyakit, terutama Blast yang menjadi momok bagi petani terutama pada komoditas padi. Tujuan pelaksanaan kegiatan Gerdal OPT Blast ini juga dilaksanakan dalam rangka melatih dan mensosialisasikan aplikasi penggunaan pestisida secara bijaksana kepada petani agar memperoleh hasil optimal yaitu dengan cara aplikasi secara serentak dan melibatkan banyak orang (petani), selain dari tujuan lainnya yaitu sebagai upaya mencegah penyebarluasan hama Blast yang menyerang tanaman padi di wilayah Kecamatan Patimpeng, khususnya di Desa Latellang.

Manfaat yang diperoleh dalam kegiatan Gerdal OPT ini adalah meningkatnya pengetahuan petani mengenai penggunaan pestisida berdasarkan prinsip 5 T yaitu tepat sasaran, tepat jenis, tepat waktu, tepat dosis, dan tepat cara aplikasi.

Turut hadir dalam kegiatan ini yaitu Kordinator Penyuluh (Korluh) BPP Patimpeng, Andi Elya Azis, POPT Patimpeng, Ahmady, Penyuluh Wibi Latellang, Ansar dan beberapa penyuluh pertanian swadaya lainnya. Gerdal dilaksanakan mulai pukul 07.00 WITA sampai dengan 09.00 WITA dan dilaksanakan langsung oleh para petani. Luas pengendalian yaitu 5 Ha, dengan kisaran umur tanaman 30 - 40 hari, varietas dominan Ciherang.

Elya/Yoush (tim Cyber BPP Patimpeng)

Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment