#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Tiga Universitas di Jepang Teliti Ayam Lokal, Sapi Lokal, dan Kerbau Lokal di Sulsel


DIOLUHTAN-suluhtani. Sulsel. Fakultas Peternakan (Fapet) Universitas Hasanuddin bersama dengan tiga universitas asal Jepang yakni Kobe University, Hiroshima University, dan Tokyo University of Agriculture melakukan kerja sama penelitian terkait pengembangan ternak di Sulawesi Selatan. Tiga perwakilan dari masing-masing universitas, yaitu Prof. Hideyuki Mannen (Kobe University), Prof. Yoshio Yamamoto (Hiroshima University), dan Yukimizu Takahashi (Tokyo University of Agriculture) melakukan kunjungan ke Fakultas Peternakan Unhas, (Jumat, 20/09/2019).
Ketiga Professor Negeri Sakura tersebut didampingi pula oleh masing-masing mahasiswa mereka dan diterima langsung oleh Dekan Fapet Unhas, Prof. Dr. Ir. Lellah Rahim, MSc di Fakultas Peternakan Unhas.
Para Peneliti dan Mahasiswa dari Tiga Universitas di Jepang di Kampus Universitas Hasanuddin (Foto: unhas.ac.id)

Dekan Fapet Unhas, Prof. Lellah menjelaskan bahwa ketiga profesor ini tertarik untuk meneliti beberapa spesies hewan ternak lokal di Sulawesi Selatan. Hewan ternak seperti ayam lokal, sapi lokal, dan kerbau local yang ada di Sulawesi Selatan cukup menarik perhatian para professor ini. “Ada beberapa kabupaten yang akan mereka kunjungi, seperti Tana Toraja, Sidrap, Wajo, Pangkep, dan Enrekang.  Di Enrekang mereka akan berkunjung ke Maiwa Breeding Center Unhas. Aspek yang ingin mereka telaah adalah faktor genetika dari hewan ternak lokal,” jelas Lellah Rahim.
Dekan Fapet juga menambahkan bahwa hasil dari penelitian ini akan menghasilkan artikel yang ditulis bersama dengan dosen-dosen Unhas.  Harapannya, manuskrip tersebut akan terpublikasi pada jurnal bereputasi, sehingga berdampak pada produktifitas Fakultas Peternakan dalam menghasilkan artikel di jurnal bereputasi. “Penelitian ini dilakukan oleh salah satu laboratorium kita yaitu Genetika dan Laboratorium Terpadu.  Semakin banyak kolaborasi seperti ini, tentu akan berdampak pada peningkatan jurnal terindeks scopus yang dihasilkan oleh Fakultas Peternakan. Apalagi jika memperoleh sitasi yang memadai,” tambah Prof. Lellah.
Sebelumnya, pada sekitar pukul 09.30 WITA, rombongan para professor dan mahasiswanya diterima oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Ir. Muhammad Restu, MP di ruang kerjanya di Gedung Rektorat Unhas.
Editor: Y.A.Yahya
Source: www.unhas.ac.id

Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment