Tidak ada yang lebih penting dalam pergaulan umat manusia di dunia ini selain komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan suatu pikiran, gagasan atau ide, atau pesan dari seseorang kepada orang lain. Kita berkewajiban untuk mengupayakan segala cara untuk menggunakan semua alat yang ada agar penyuluhan menjadi efektif. media penyuluhan ini adalah salahsatu media visual yang memaparkan penyuluhan pada komoditi bidang pertanian, perikanan dan kehutanan.

Penanganan Myasis pada Ternak Sapi

DIOLUHTAN-suluhtani. Luka adalah salah satu jenis cedera pada kulit yang mengalami robek, teriris, tertusuk, atau ketika terkena benda tumpul sehingga menyebabkan memar. Selain itu, pengertian luka lainnya adalah kondisi terputusnya jaringan lunak, baik saraf, otot, kulit, hingga pembuluh darah. Khusus luka pada ternak, khususnya luka terbuka pada sapi terkadang sering dapat dihinggapi oleh lalat sehingga mengakibatkan luka tersebut menjadi sarang belatung dan mengakibatkan terjadinya penyakit myasis. Belatung-belatung ini sangat mengganggu kesehatan ternak dan bisa memperparah luka yang ada. Untuk itu, perlu penanganan yang tepat menghilangkan belatung-belatung tersebut. 
Cara menangani luka yang mengalami myasis yaitu dengan menghilangkan belatung yang ada pada luka tersebut. Cara menghilangkan belatung pada luka dapat dilakukan dengan cara berikut ini: 
Belatung pada Luka yang menyebabkan Myasis

1) Belatung yang ada pada luka dapat dicabut dengan menggunakan pinset steril. Cara ini paling baik dan menhindari kontaminasi dengan bahan-bahan kimia lain, namun jika pinset tidak steril malah bisa memperparah luka dan menjadi infeksi akut.
2) Siramkan minyak tanah atau bensin ke dalam luka. Usahakan siraman bensin atau minyak tanah tersebut tidak mengenai bulu ternak, sebab apabila kulit ternak terkena bensin, kulit tersebut bisa mengalami botak permanent. Jadi cara aman menggunakan minyak ini untuk mengusir belatung adalah dengan menggunakan speet (alat suntik).
Tawas juga sangat ampuh menghilangkan belatung dari ternak, caranya dengan menaburi tepung tawas (tawas yang di giling) di atas luka yang berbelatung pada ternak anda.
Tips Cara Mencegah Agar Luka Ternak Tidak Belatungan:
Pertama, lakukan sanitasi kandang. Semprot kandang dengan anti serangga, agar tidak ada lalat yang berkeliaran di sekitar kandang. Luka ternak berbelatung itu karena adanya lalat yang meletakkan telur mereka diatas luka pada ternak sapi, maupun ternak lainnya seperti kambing, maupun domba dan kuda.
Penyuluh Pertanian, Yusran A. Yahya melakukan Penyemprotan Metylen Blue pada Luka Ternak Sapi

Kedua, lakukan sanitasi pada tubuh ternak. Semprotkan anti lalat pada badan ternak sapi yang terkena luka, biasanya cairan ini berwarna biru dan di pasar-pasar ternak sering digunakan. cairan pengusir lalat ini bisa dibeli di toko penjualan pakan ternak (poultry shoop).
Semoga bermanfaat.
Re-suluh: Yusran A. Yahya NS
Disarikan dari berbagi literatur dan materi penyuluhan
peternakan Dinas Peternakan Kab. Bone, Sulsel
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment