#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Ratusan Penyuluh Pertanian PNS Lingkup Pemkab Bone Wajib Lakukan “DOA PEGAWAI”

DIOLUHTAN-suluhtani. Berdasarkan Surat Edaran Bupati Bone nomor : 1798 Tahun 2019 tentang Digitalisasi Online Arsip Pegawai (DOA PEGAWAI) disebutkan bahwa Berdasarkan Peraturan Pemerintah nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil dan Peraturan Kepala BKN nomor 18 Tahun 2011 tentang Pedoman Pengelolaan Tata Naskah Kepegawaian Pegawai Negeri Sipil,  maka Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Bone akan melakukan "Digitalisasi Online Arsip Pegawai (DOA PEGAWAI)" terhadap seluruh berkas fisik arsip Pegawai Negeri Sipil, termasuk para Penyuluh Pertanian lingkungan Pemerintah Kabupaten Bone.
Aplikasi "DOA PEGAWAI" menjadi aplikasi yang diakui oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Bone sebagai sarana penyimpanan berkas digital seluruh Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bone. Tujuan aplikasi ini adalah  sebagai solusi dalam memberikan pelayanan yang cepat, efektif, dan efisien terkait kepegawaian dan juga sebagai sarana penyimpanan berkas digital arsip kepegawaian seluruh Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bone.

Surat Edaran Bupati Bone nomor : 1798 Tahun 2019 tentang Digitalisasi Online Arsip Pegawai (DOA PEGAWAI)

Berdasarkan surat Bupati dan pentingnya penginputan berkas fisik kepegawaian, maka kepada para Kepala OPD termasuk yang membawahi para Fungsional Penyuluh Pertanian, diwajibkan memerintahkan seluruh PNS yang bekerja pada unit kerja masing-masing untuk melakukan scanning berkas fisik sampai dengan mengunggah ke dalam aplikasi DOA PEGAWAI. Batas waktu terakhir untuk mengunggah berkas digital ke dalam aplikasi iniadalah 15 Oktober 2019.
Berdasarkan informasi dari Bidang Pengadaan, Pemberhentian dan Informasi (PPI) BKPSDM Kabupaten Bone. Surat edaran dimaksud dan semua berkas pendukungnya dapat di download dibawah ini :
Link aplikasi DOA PEGAWAI yaitu https://doapegawai.bone.go.id/
Surat Edaran Bupati Bone, silahkan DOWNLOAD disini
Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak, silahkan DOWNLOAD disini
Manual Book Aplikasi DOA PEGAWAI, silahkan DOWNLOAD disini
Informasi lebih lanjut tentang aplikasi ini dapat menghubungi Bidang Pengadaan, Pemberhentian dan Informasi BKPSDM Kabupaten Bone
Aplikasi DOA Pegawai, Pelayanan Kearsipan PNS Cuma 1 Menit
Inovasi tiada henti memang terus dilakukan ASN di Kabupaten Bone. Salah satunya seperti yang digagas Kabid Pengadaan, Pemberhentian dan Informasi BKPSDM Kabupaten Bone, Irsal Mahmud. Inovasi yang dilakukannya yaitu membuat aplikasi Digitalisasi Online Arsip Pegawai yang disingkat menjadi DOA Pegawai.
Dilansir oleh bonepos.com, Irsal menjelaskan, hadirnya DOA Pegawai ini memberikan efek positif. Dikarenakan dapat memberikan kemudahan dalam proses penyimpanan, pencarian kembali dan penyajian informasi. Bukan hanya itu, melalui aplikasi ini, mengurangi risiko kehilangan arsip dan kerusakan berkas kepegawaian, efisiensi waktu akses dan menghemat tempat penyimpanan arsip, memudahkan PNS utuk mendapatkan arsip kepegawaian masing-masing yang bisa didapatkan setiap saat dan dapat mendownload seluruh arsip digital apabila diperlukan kapanpun dan dimanapun. "Penghematan SDM. Dengan arsip digital elektronik, jumlah SDM dapat dikurangi, namun akses informasi tetap dapat dilakukan dengan cepat," jelas Irsal, Selasa (24/9/2019).
Tampilan Beranda salahsatu Penyuluh Pertanian Pemkab Bone (Dok/ist)

Irsal bahkan menggaransi, melalui pemanfaatan DOA Pegawai bisa memenuhi permintaan berkas ASN dalam durasi waktu yang lebih singkat, sekitar 1 menit. "Kalau dengan berkas fisik yang tersusun rapi ketika ada permintaan berkas, maka kami bisa penuhi dengan durasi waktu 5 sampai 10 menit. Mulai dari mengambil sampai dengan fotocopy sampai simpan kembali," ujar Irsal.
Penyuluh Siap dan mengapresiasi Aplikasi Doa Pegawai
Ditempat terpisah, Penyuluh Pertanian Dinas Peternakan Kab. Bone, Yusran A. Yahya menyatakan kesiapannya dan mengapresiasi adanya aplikasi DOA PEGAWAI ini. Menurut Yusran, bahwa dirinya mengaku tidak susah payah lagi jika melakukan penyetoran kekurangan berkas administrasi kepegawaian, apalagi dirinya bertugas di wilayah selatan Kabupaten Bone yaitu Kecamatan Patimpeng dan Kecamatan Bontocani yang jarak tempuh untuk ke Kota Watampone ratusan kilometer. 
Tampilan "Edit Profil" salahsatu Penyuluh Pertanian Pemkab Bone (Dok/ist)

“Saya pribadi dan selaku penyuluh sangat berterimakasih dengan adanya aplikasi ini, kita tidak susah lagi harus ke kota Watampone jika ada berkas yang kurang atau tercecer, berkas juga jadi aman, serta pelayanan administrasi kepegawaian kita akan lebih cepat, efektif, dan efisien. Aman dari resiko kehilangan arsip dan kerusakan berkas, efisiensi waktu akses dan menghemat tempat penyimpanan arsip, memudahkan PNS utuk mendapatkan arsip kepegawaian. Dan saya akan mulai melakukan “scanning” berkas fisik saya yang asli, lalu di “convert” dalam format PDF yang kemudian diunggah dalam aplikasi Doa Pegawai ini” terang Yusran
Editor: Y.A.Yahya

Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment