Tidak ada yang lebih penting dalam pergaulan umat manusia di dunia ini selain komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan suatu pikiran, gagasan atau ide, atau pesan dari seseorang kepada orang lain. Kita berkewajiban untuk mengupayakan segala cara untuk menggunakan semua alat yang ada agar penyuluhan menjadi efektif. media penyuluhan ini adalah salahsatu media visual yang memaparkan penyuluhan pada komoditi bidang pertanian, perikanan dan kehutanan.

Membuat Ketupat Lebaran agar Tidak Cepat Basi

DIOLUHTAN-suluhtani. Syukur alhamdulillah, hari kemenangan yaitu hari raya Idul Fitri telah kita lewati, semua berjalan dengan aman dan nyaman, semua silaturahmi dan berkunjung ke sanak saudara/famili telah kita lakukan, liburan ke tempat wisata juga telah kita lakukan semua, saatnya kita akan kembali kerutinitas seperti semula.
Ketupat merupakan makanan khas di hari raya idul fitri. Rasanya kurang lengkap merayakan idul fitri atau lebaran tanpa adanya ketupat. Bentuknya yang unik dan rasanya yang khas menambah selera makan ketupat dengan teman-temannya, seperti sayur opor, lodeh, sambal goreng ati dan sayur untuk ketupat lainnya.
Ketupat merupakan makanan khas di hari raya idul fitri. Rasanya kurang lengkap merayakan idul fitri atau lebaran tanpa adanya ketupat. Bentuknya yang unik dan rasanya yang khas menambah selera makan ketupat dengan teman-temannya, seperti sayur opor, sop daging, sambal goreng ati dan sayur untuk ketupat lainnya.
Namun sayangnya, makanan dari beras yang terbungkus daun kelapa ini cepat sekali basi kalau kamu salah dalam mengolah dan menyimpannya. Tentu anda tidak akan mau ketupatnya basi begitu saja tanpa anda santap semua sebelumnya?, kali ini kami sedikit mengulas beberapa langkah yang bisa anda lakukan agar ketupat tidak cepat basi.
Pastikan ayaman janur rapat
Ketupat cepat basi karena adanya bakteri yang mengontaminasi beras dalam janur. Oleh sebab itu, pastikan kulit ketupat yang akan kamu pakai sudah rapat anyamannya, jangan sampai ada celah.
Pilih beras terbaik
Kamu bebas memilih beras yang mau dijadikan ketupat, mau yang pulen atau yang pera, pastikan kualitas beras tersebut baik.
Disiram
Proses mengukus dalam pembuatan ketupat membuat ketupat lengket dan akhirnya mudah basi. Jadi pastikan setelah diangkat dari dandang kamu siram dengan air dingin untuk menghilangkan lengket itu.
Digantung
Kata-kata "digantung" emang seringkali nggak enak, seperti digantung gebetan misalnya :D Namun percayalah, dalam hal ketupat, penggantungan sangatlah perlu. Jadi agar tidak cepat basi, gantunglah ketupat. Pastikan kamu menggantungnya di tempat yang kering.
Demikianlah beberapa langkah yang bisa kamu kerjakan agar ketupat tidak basi. Selamat mencoba dan jangan lupa berdoa sebelum makan ketupat.
Editor : Yusran Yahya
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment