#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Di Planet Mars, Tumbuhan Ini Bisa Ditanam dan Hidup

DIOLUHTAN. Kentang bisa tumbuh di Mars. Pernyataan itu awalnya hanya dianggap sebagai bualan dalam film berjudul The Martian. Film yang bercerita tentang astronot tersesat dan menanam kentang untuk bertahan hidup.
Tetapi, para ilmuwan dari International Potato Center menjawab kebimbangan itu. Mereka menanam kentang di kotak bernama CubeSat yang dirancang oleh para Insinyur di University of Engineering and Technology in Lima, Peru.
Kentang Dapat Tumbuh di Mars

CubeSat didesain meniru pola siang malam di Mars. Suhu, tekanan, udara, dan komposisi juga disamakan dengan Mars. Di dalam CubeSat itu, sebuah kentang lalu ditanam. "Hasilnya kentang bisa tumbuh kembang dengan baik," ujar Julio Valdivia Silva, Peneliti SETI Institute.
Jika kentang bisa tumbuh dan berkembang di dalam CubeSat, artinya kentang juga dapat hidup di Mars. Kentang dianggap merupakan tanaman yang bisa bertahan pada kondisi ekstrim di Bumi.
Hasil percobaan sebelumnya menjawab rasa ingin tahu ilmuwan mengenai tanaman yang dapat tumbuh di Mars. Varietas kentang yang mampu tumbuh di Mars diperoleh dari pesisir Bangladesh. "Ini adalah kejutan yang menyenangkan. Kentang kami tumbuh dan berkembang di tanah ini," ujar Silva.
Penemuan ini semakin mengukuhkan bahwa Mars potensi untuk ditinggali manusia. Selain itu, kentang yang tumbuh di CubeSat ini rencananya akan digunakan untuk memperkuat ketahanan pangan di daerah-daerah yang terkena dampak perubahan iklim.
Editor : Yusran Yahya
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment